PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA KOMPETENSI RIAS WAJAH GERIATRI KELAS XI SMKN 1 LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v12n2.p229-240Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis
proyek digunakan dalam pembelajaran kompetensi tata rias geriatri kelas XI SMKN 1 Lamongan 2)
Memahami aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek; 3)
Menggunakan model pembelajaran berbasis proyek untuk mengetahui hasil belajar siswa 4)
Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek. Menggunakan
metode pendekatan deskriptif kuantitaitf dengan desain penelitian pra-eksperimental one shoot case
study. Lembar observasi pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, tes kognitif, dan tes
psikomotor merupakan instrumen penelitian yang digunakan. serta lembar respon dari siswa
terhadap penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan antara
lain: keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan nilai rata-rata sebesar 96 dikategorikan sangat baik.
Hasil aktivitas siwa menunjukkan nilai 89,4 dikategorikan sangat aktif. Hasil belajar siswa dengan
penerapan model pembelajaran berbasis proyek mendapatkan nilai klasikal rata-rata mencapai 81%
dikategorikan sangat baik. Nilai klasikal meliputi 2 ranah penilaian yakni, nilai kognitif
mendapatkan 81,15 dan nilai psikomotorik mendapatkan 81,1. Angket respon belajar siswa
mendapatkan 82,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis
proyek dapat berhasil diterapkan pada kompetensi tata rias geriatri kelas XI SMKN 1 Lamongan
dengan baik.
Kata Kunci : Model pembelajaran berbasis proyek, kompetensi tata rias wajah geriatri.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

