PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA KOMPETENSI PENATAAN SANGGUL TRADISIONAL UKEL TEKUK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 2 JOMBANG

Main Article Content

Desya Mellini Yustia
Maspiyah maspiyah
Dindy Sinta Megasari
Biyan Yesi Wilujeng

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning,
peningkatan hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap proses implementasi model pembelajaran
discovery learning pada kompetensi penataan sanggul ukel tekuk di SMK Negeri 2 Jombang. Subyek pada
penelitian ini yaitu siswa kelas XI Kecantikan Rambut yang berlokasi di SMK Negeri 2 Jombang dengan total 30
siswa. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pre eksperimental dengan menggunakan One Group Pretest
and Posttest Design. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi untuk mengetahui keterlaksanaan
sintaks pembelajaran, pretest dan posttest untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif dan psikomotor, serta
angket untuk mengetahui tanggapan siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan keterlaksaan sintaks implementasi
model pembelajaran discovery learning didapatkan rata-rata 3,85 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa
dilakukan uji paired t-test dalam ranah kognitif dan psikomotorik. Setelah uji paired t-test dilaksanakan terdapat
peningkatan hasil belajar yang signifikan dalam ranah kognitif dan psikomotor dengan hasil taraf signifikan P:
0,00 < 0,05 yang artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment.
Tanggapan siswa mendapatkan persentase sebesar 88,6% dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: discovery learning, sanggul ukel tekuk, hasil belajar

Article Details

Section
Articles