Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Berdasarkan Teori Toulmin (Level 1 dan Level 2)

  • Berliana Kusuma Wardhani Muhammadiyah University of Jember
  • Lady Agustina Muhammadiyah University of Jember
  • Chusnul Khotimah Galatea Muhammadiyah University of Jember

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan argumentasi siswa berdasarkan teori Toulmin pada penyelesaian soal numerasi kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan, Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis dan wawancara semi terstruktur. Peneliti menggunakan subjek pada siswa kelas VIII A berlokasi di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Data subjek diperoleh 2 level kemampuan argumentasi berdasarkan teori Toulmin yang meliputi claim, data dan claim. Pada level 1 yang meliputi claim adalah siswa yang mampu memberikan klaim berupa asumsi yang sesuai dengan pendapatnya. Pada level 2 yang meliputi data yaitu merupakan siswa yang mampu menunjukan data informasi yang didapatkan dan claim yakni siswa mampu memberikan asumsi yang sesuai dengan pendapatnya.

Kata Kunci: Kemampuan Argumentasi, Masalah Numerasi, Teori Toulmin

Published
2023-06-13
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 123