Pola Perilaku Penggemar Tanaman Hias Di Masa Pandemi Covid-19

  • Mochammad Barkah Fapag Dwitanto Universitas Negeri Surabaya
  • Diyah Utami, DU

Abstract


Menanam tanaman hias menjadi suatu hobi hingga tren baru dimasa pandemi Covid-19. Tanaman hias yang menjadi primadona hingga sekarang adalah monstera karena jenisnya yang beragam dan keunikan daunnya. Tanaman hias monstera menjadi simbol prestise bagi masyarakat disebabkan harganya yang mahal. Perilaku konsumtif terjadi apabila pembelian tanaman hias monstera tidak diimbangi dengan budgeting. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pola konsumsi penggemar tanaman hias monstera. Menggunakan teori konsumsi dari Jean Baudrillard. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggemar tanaman hias monstera di Perumahan Taman Pinang berada pada kondisi ekonomi menengah keatas. Dibuktikan dari pekerjaan, kondisi rumah, hingga perekonomian subjek yang tetap stabil pada masa pandemi Covid-19. Motif membeli dan mengoleksi tanaman hias monstera didasarkan pada hobi, kesenangan, dan kepuasan. Pola konsumsi penggemar tanaman hias monstera dari mengonsumsi objek menjadi mengonsumsi tanda. Merawat tanaman hias monstera sebagai sarana penghilang stres dan memperindah rumah beralih ke simbol prestise dan penentu status sosial ekonomi masyarakat di Perumahan Taman Pinang. Dampak dari kebosanan yang timbul pada masa pandemi Covid-19 dan pengaruh teman menjadi perilaku komsumsi. Merawat tanaman hias monstera karena tren menjadikan penggemar tidak benar-benar mengerti ilmu tentang merawat tanaman hias monstera.
Kata kunci: Konsumsi, Mengoleksi, Monstera, Tanaman Hias, Tren

Published
2023-07-11
How to Cite
Dwitanto, M. B., & Utami, D. (2023). Pola Perilaku Penggemar Tanaman Hias Di Masa Pandemi Covid-19. Paradigma, 12(2), 121-130. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/54763
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 141