MODEL-MODEL PRAKTIK BERPIKIR REFLEKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPA: SEBUAH STUDI PERBANDINGAN
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model berpikir reflektif berdasarkan perbedaan dan persamaan model praktik reflektif pada empat model yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui studi perbandingan atau comparative study. Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu Model Reflektif Rolfe, Model Reflektif Gibbs, Model Reflektif Bain dan Model Reflektif Kolb yang dipilih secara convenience sampling dengan memilih model yang mudah ditemui. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pedoman komponen model dan tabel pembanding. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil analisis isi perbandingan komponen pada model menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan persamaan antar empat model. Perbedaan terlihat pada tahap dan proses refleksi di setiap model. Model Reflektif Rolfe terdiri dari 3 tahap, Model Reflektif Gibbs terdiri dari 6 tahap, Model Reflektif Bain terdiri dari 5 tahap, Model Reflektif Kolb teridiri dari 4 tahap dan juga terdapat model dengan proses refleksi yang sederhana yaitu Model Reflektif Rolfe kemudian model dengan proses refleksi yang kompleks yaitu Model Reflektif Gibbs. Sedangkan persamaan pada keempat model tersebut terlihat pada sifat model yaitu retrospeksi,evaluasi diri, dan reorientasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya perbedaan dan persamaan pada model menunjukkan bahwa tidak ada model yang dapat dikatakan efektif.
Kata Kunci: berpikir reflektif, praktik reflektif, pemecahan masalah