Asupan Makanan, Pengetahuan Gizi Ibu, dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Inklusi Galuh Handayani Surabaya
Kata Kunci:
Asupan Makanan, Pengetahuan Gizi Ibu, Status Gizi, Sekolah InklusiAbstrak
Anak usia sekolah merupakan golongan usia antara 7-15 tahun yang lazimnya terjadi peningkatan signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun sayangnya, tidak semua anak memiliki proses tumbuh kembang dengan baik yang dikenal sebutan dengan anak berkebutuhan khusus. Anak ini relatif memiliki gangguan dalam metabolisme tubuh yang dapat berpengaruh pada status gizinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara asupan makanan dan pengetahuan gizi ibu dengan status gizi siswa di Sekolah Dasar Inklusi Galuh Handayani Surabaya. Jenis penelitian ini adalah cross-sectional study. Penelitian dilaksanakan menggunakan Google Form dan aplikasi WhatsApp. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner karakteristik responden, tes pengetahuan gizi ibu, dan kuesioner food record. Uji korelasi Rank Spearmann menghasilkan kesimpulan tidak terdapat hubungan antara asupan makanan dengan status gizi (p-value>0,05). Uji korelasi Rank Spearmann juga menghasilkan kesimpulan tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi ibu dengan status gizi (p-value >0,05).Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Unduhan
Diterbitkan
2021-11-30
Cara Mengutip
Permanisuci, P. I. dan Soeyono, R. D. (2021) “Asupan Makanan, Pengetahuan Gizi Ibu, dan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar Inklusi Galuh Handayani Surabaya”, Jurnal Gizi dan Kesehatan Nusantara, 1(02), hlm. 72–81. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/GIZIUNESA/article/view/42253 (Diakses: 30 Juni 2025).
Terbitan
Bagian
Artikel

