Pengembangan Flipbook Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Siswa Kelas XI

Authors

  • Silviana Kharisma Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Kuswanti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p84-97

Keywords:

Pengembangan , Flipbook , CTL , Sistem ekskresi manusia , Literasi sains

Abstract

Pendidikan abad ke-21 ditandai pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang bertujuan untuk menyiapkan siswa dalam menghadapi tantangan di masa depan. Teknologi dapat diterapkan dalam penyusunan sumber belajar flipbook yang dapat diakses melalui media elektronik. Literasi sains merupakan kemampuan mengaitkan isu yang berhubungan dengan sains serta pengaplikasiannya. Pendekatan yang dapat melatih literasi sains antara lain CTL yang menekankan siswa aktif dalam menemukan konsep dan menghubungkannya pada kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan flipbook berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) materi Sistem Ekskresi Manusia untuk melatihkan keterampilan literasi sains siswa kelas XI yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate). Validitas flipbook ditentukan berdasarkan komponen isi, penyajian, dan kebahasaan. Kepraktisan flipbook ditentukan berdasarkan respons siswa. Keefektifan flipbook ditentukan berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan flipbook. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian, flipbook memperoleh rata-rata skor 3,97, respons positif siswa sebesar 99,03%, serta ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100%. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan flipbook berbasis CTL pada materi Sistem Ekskresi Manusia untuk melatihkan keterampilan literasi sains siswa kelas XI yang layak, berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal dan Setiyawan, Adhi. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Creative.

Baadilla, I. dan Rifada Robitha Silmi Kaaffah. 2019. Kesesuaian Materi Pada Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia Untuk SMA/MA Kelas X dengan Kurikulum 2013. Jurnal IMAJERI. Vol. 1(2): 11-19.

BSNP. 2014. Revitaslisasi Peran BSNP dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional Melalui Pengembangan Standar dan Penyelenggaraan Ujian Nasional yang Kredibel. Buletin BSNP. Vol 9(3): 1-20.

Cahyati, Y. dan Rohmawati, N. 2019. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol. 5(1): 97-105.

Campbell, N.A., Reece, J.B., dan Mitchell, L.G. 2003. Biologi. Jilid 2. Edisi Kelima. Alih Bahasa: Wasmen. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdiknas. 2004. Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar Sekolah Menengah Atas. Jakarta: depdiknas.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2006. Strategi belajar mengajar edisi revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hazrati, Dayanara. 2023. Pengembangan E-LKPD Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Negeri 29 Medan. Journal of Student Research (JSR). Vol 1(2): 404-421.

Herdiyanto, D. M., Sulton, & Praherdhiono, H. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Materi Tema Tanah Bagi Siswa Tunagrahita. JKTP. Vol 3(1): 88-96.

Hermawan, I. 2019. Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi dan Metodologi. Kuningan: Hidayatul Quran.

Hidayat, Rahmad, Fajar Susanto, Endang M. Rahayu, Hertiki, Armelia Nungki, Joesasono O. Soelistijowati, dan Claudia Fira Inne P. 2022. Strategi Penyusunan Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris melalui Peta Konsep dalam Kurikulum Merdeka. Kanigara. Vol. 2 (2): 351-363.

Ibrahim, M. & Sukartiningsih, W. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Melalui Pemaknaan (Belajar Perilaku Positif dari Alam). Surabaya : Unesa University Press.

Jhonson, Elaine B. 2016. CTL- Contextual Teaching and Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan Dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Luzyawati, L. 2019. Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Sistem Ekskresi Melalui Penugasan Peta Konsep. Mangifera Edu. Vol. 3(2): 72-87.

Nomsoor, M. M., Bello, G., dan Mohammed, S. M. 2021. Effects Of Gallery Walk Instructional Strategy On Senior School Students’ Achievement In Cell Division In Ilorin, Nigeria. Journal Of Biology Education. Vol. 4(2): 109-123.

Nuraini, Fitri dan Dian Indihadi. 2021. Analisis Ketepatan Penggunaan Tanda Baca dalam Teks Dongeng Karya Siswa Kelas II Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 8(3): 752-759.

Nurdyansyah dan Fahyuni, Eni F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Nurlita, A., Masitoh Br. Simbolon, Rahmatan Lil Alamain, dan Erwan Effendi. 2023. Gaya Penulisan Berita dan Feature. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 7(1): 2080-2085.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol. 1(5): 967-974.

OECD. 2017. PISA for Development Assesment Analytical Framework: Reading, Mathematics, and Science Prereliminary Version. Paris: OECD Publishing.

OECD. 2018. PISA 2018 Insights and Interpretations. Paris: OECD Publishing.

Pratiwi, R. S. 2022. Pengembangan E-Book Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. Jurnal BIOEDU. Vol. 11(1): 165-178.

Purnama, Sigit. 2010. Elemen Warna pada Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. AI-Bidayah. Vol. 2(1): 113-129.

Putra, S. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Rahmawati, D., Sri Wahyuni, dan Yushardi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 6(4): 326-332.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Shobirin, M. S dan Rusilowati, A. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bahasa Inggris Bermuatan Nilai Pendidikan Karakter Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Semarang. Jurnal of Primary Educational. Vol.2(2): 63-70.

Solikah, A. N., dan Susantini, E. 2022. Pengembangan E-Book Interaktif Materi Pewarisan Sifat Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA. Jurnal Bioedu. Vol. 11(2): 374-383.

Sudarisman, S. 2013. Implementasi Pendekatan Kontekstual dengan Variasi Metode Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol. 2(1): 23-30.

Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryawati, E., Osman, K., T. Subahan, M. M. 2010. The Effectiveness of RANGKA Contextual Teaching and Learning on Students Problem Solving Skills and Scientific Attitude. Procedia Social and Behavioral Science. No. 9: 1717-1721.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta : Kencana.

Usmaedi. 2021. Education Curriculum For Society 5.0 In The Next Decade. Jurnal Pendidik. Dasar Setiabudhi. Vol. 4(2): 63–79.

Wasis, Yuni Sri Rahayu, Titin Sunarti, dan Sifak Indana. 2020. HOTS dan Literasi Sains: Konsep, Pembelajaran dan Penilaiannya. Jawa Timur: Kun Fayakun Anggota (IKAPI).

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 422 , PDF Downloads: 258

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.