Profil E-Book Interaktif Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Kelas X

Authors

  • Imroatun Khasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Tarzan Purnomo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p391-403

Keywords:

E-Book, interaktif, perubahan lingkungan, berpikir kreatif

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-book interaktif pada materi perubahan lingkungan bagi siswa kelas X SMA yang valid, praktis, dan efektif dalam melatih keterampilan berpikir kreatif. Pengembangan e-book interaktif menggunakan model 4D (define, design, development, dan disseminate). Uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas 10.5 di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Validitas e-book dinilai oleh dua validator, yakni ahli media dan ahli materi. Kepraktisan dievaluasi melalui uji keterbacaan, keterlaksanaan dalam pembelajaran, serta respons siswa, sedangkan keefektifan dinilai berdasarkan kemampuan berpikir kreatif. Validitas, kepraktisan, dan keefektifan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil uji validasi e-book interaktif 95,86% dengan kategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan mencapai keterbacaan pada level 11 artinya sesuai digunakan untuk kelas 10-12 SMA. Hasil observasi keterlaksanaan 96,4% dengan kategori sangat praktis. Respons siswa 95,8% dengan kategori sangat baik. Hasil latihan kemampuan berpikir kreatif pada indikator fluency rata-rata 88%; flexibility 85%; problem sensitivity 90%; originality 95%; dan elaboration 100%. Berdasarkan hasil tersebut, e-book interaktif dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi untuk melatihkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardelia, S. N., Yulianti, G., Fatmawati, V., and Rofisian, N. (2024). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 2(3), 977–980.

Artika, T. D., and Widiani, K. A. (2024). Penggunaan STEM Worksheet Sebagai Upaya Melatih kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA.

Borrego, A. (2021). Belajar Bahasa. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 6.

Darwanto. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis (Pengertian Dan Indikatornya). Eksponen, 9, 20–26.

Devi, E. A. (2019). Tingkat Keterbacaan Wacana Pada Buku Teatik Kurikulum 2013 kelas IV SD Berdasarkan Grafik FRY.

Fakhri, A. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran: Menjawab Tantangan Sosial Dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. 32–40.

Fathonah, S., and Ratnasari, E. (2021). Validitas E-Book interaktif Pada Submateri Psikotropika Untuk Melatihkan Berpikirkreatif Siswa Kelas XI SMA. 10(1), 68–84.

Fatmawati. (2022). Kreativitas dan Intelegensi. 4, 188–195.

Fauzan, M., Haryadi, and Haryati, N. (2021). Penerapan Elaborasi Model Flipped Classroom dan Media Google classroom Sebagai Solusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Abad 21. 5.

Firanti, A., and Paidi, D. (2016). Pengembangan Lkpd Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Dan Keefektifannya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Reflektif. Integrated Lab Journal, 04(02), 259–268.

Firmansyah, M. B., and Suchaina. (2023). Model Pembelajaran Multimodal Bermuatan Ekonomi Kreatif.

Handoyo, T., Ashriyah, I., and Kamal, R. (2025). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia.

Junpahira, S. V., and Pahlevi, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MP di SMK Nurul Islam Gresik. 11(2).

Kautsaranny, S., and Isnawati. (2024). Development of Interactive E-Books on Biodiversity Materials to Train The Creative Thinking Skills of Class X SMA/MA Students. 13(1), 79–88.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Salinan Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 88–89.

Magdalena, I., Saridevita, A., Novyanti, A., Destiyantari, S., and Tangerang, U. M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Paikem Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Di Sdit Tiara Aksara. 3, 244–259.

Munahefi, D. N., Kartono, K., Waluya, B., and Dwijanto, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Tiap Gaya berpikir Gregorc. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 650–659.

Ningsih, S. D., Sayekti, I. C., Susilawati, S. A., and Pramudita, D. A. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan e-book mitigasi bencana tanah longsor berbasis Android untuk disabilitas anak di Kabupaten Klaten. 9(3), 277–287.

Nugrahani, A. F., Saputri, D. S. D., Iffadah, A. D., Adi, S. N., and Andrian, F. (2024). Analisis Keterbacaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Pada Kelas I SD Berdasarkan Grafik Fry. 6(1), 46–51.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., and Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi Pendidikan : Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. 4(1).

Puspita, E. I., Rustini, T., and Dewi, D. A. (2021). Rancang Bangun Media E-Book Flipbook Interaktif Pada Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Sekolah Dasar. 1(2). https://doi.org/10.46229/elia.v1i2

Rahayu, S., Harjoni, A., Al-hadi, K., and Kurniadin, M. Z. (2024). Pelatihan Penggunaan Media Fliping Book Terintegrasi Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Tambahan Guru.

Rahayu, S., Rossari, D. V., Wangsanata, S. A., Eka, N., and Saputri, N. D. (2021). Hambatan Guru Sekolah Dasar Dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak Dari Sisi Manajeman Waktu Dan Ruang Di Era Pandemi Covid-19. 5, 5759–5768.

Rositawati, D. N. (2018). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. 74–84.

Rosyidah, I., and Rahayu, Y. S. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif Berorientasi Contextual Teaching And Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 49–59.

Seftiani, A., and Widyaningrum, R. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. 01(02).

Sinaga, M. (2024). Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika The. 1, 115–121.

Suardipa, I. P. (2019). Kajian Creative Thinking Matematis Dalam Inovasi Pembelajaran. 3(2), 15–22.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D.

Sunarnoa, Hartonob, Y., and Nurkholifah, S. (2024). Upaya Peningkatan Karakter Kreatif Melalui Media Poserlok Di Kelas XC SMAN 5 Kota Madiun. 393–398.

Supriadi, R., and Fitriyani, N. (2021). Analisis Kesesuaian Buku Teks Bahasa Arab Berbasis Keterbacaan Menggunakan Ketentuan FOG Index. 6(1), 105–118.

Susanti, R. H. (2023). Penulisan Karya Ilmiah sebagai Salah Satu Tools Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. 06(01), 1–11.

Triandro, A. Z., and Isnawati. (2024). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning Materi Inovasi Teknologi Biologi Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik SMA. 13(3), 550–561.

Trikesumawati, D., Ishamy, M. W., and Rizqullah, M. R. (2025). Peran Media Dalam Mendukung Pengembangan Motivasi Belajar Siswa Di Era Modern. 2(1), 531–539.

Widiastuti, Y., Ilma, R., and Putri, I. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22.

Widiyanto, D. (2017). Penanaman Nilai Toleransi Dan Keragaman Melalui Strategi Pembelajaran Tematik Storybook Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sekolah Dasar. 7, 28–36.

Yulando, S., Sutopo, S., and Franklin Chi, T. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694–698.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 128 , PDF Downloads: 54

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.