Pengembangan E-LKPD Berorientasi Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Materi Ekosistem Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognisi Siswa Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n3.p709-718Keywords:
E-LKPD, KWL, keterampilan metakognisi, EkosistemAbstract
Metakognisi merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang perlu dilatihkan agar peserta didik dapat berpikir reflektif, terutama dalam memahami materi ekosistem yang menuntut kemampuan analitis dan pemecahan masalah. Strategi Know-Want-Learned (KWL) membantu peserta didik dalam merencanakan (planning), memantau (monitoring), serta mengevaluasi (evaluating) proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-LKPD berorientasi strategi KWL pada materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan metakognisi yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian menggunakan model 4-P (pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran). Validitas diperoleh melalui lembar validasi, kepraktisan melalui observasi keterlaksanaan dan angket respon siswa, serta efektivitas dilihat dari ketuntasan indikator soal pretest-posttest dan keterampilan metakognisi. Uji coba dilakukan pada kelas X-8 SMAN 14 Surabaya. Hasil menunjukkan E-LKPD dinyatakan sangat valid sebesar 100%, sangat praktis dengan keterlaksanaan sebesar 99,58% dan respon peserta didik sebesar 99,16%, serta sangat efektif berdasarkan N-Gain ketuntasan hasil belajar sebesar 0,77 pada kategori tinggi, ketuntasan indikator sebesar 76,58% dan rerata keterampilan metakognisi sebesar 3,93 dengan kategori sangat baik.
Downloads
References
Akhadah, N., & Yuliani. (2019). Keefektifan LKPD Berorientasi Strategi Know-Want-Learned (KWL) pada Materi Fotosintesis untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 8(3), 89–96.
Ardiansyah, Mawaddah, F. S., & Juanda. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.
Asyhari, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Metakognitif. Journal Of Biology Education, 1(2), 165. https://doi.org/10.21043/jobe.v1i2.4111
Auliya, D. A., & Ambarwati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Strategi Metakognitif Know-Want-Learn (KWL) Pada Materi Invertebrata untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa SMA Kelas X. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 412–423.
Dewi, S. K., & Susantini, E. (2019). The Effect of Mind Map Integrated Metacognitive Text Book Implementation to Gain Students’s Score in Mutation Material. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 327–333.
Djamaluddin, A. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.
Febrina, D. S., & Qomariyah, N. (2024). Validitas E-LKPD Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Sistem Ekskresi untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Bioedu, 13(2), 481–489. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Febrina, E., & Mukhidin. (2019). Metakognitif sebagai Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 25–32.
Fitria, L., Jamaluddin, J., & Artayasa, I. P. (2020). Analisis Hubungan antara Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Matematika dan IPA Siswa SMA di Kota Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 147. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2302
Flavell, J. H. (1976). Metacognitif aspects of problem solving. In L. B. Resnick (Ed.), The nature of intelligence. Lawrence Erlbaum.
Hasanah, A. U., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Strategi KWL (Know-Want-Learned) untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(3), 785–795.
Hayati, R., Alberida, H., Arsih, F., & Fajrina, S. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Reflektif Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Problem Solving Berbasis Isu Sosiosaintifik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1357–1364. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1479
Inggit, S. M., Liliawati, W., & Suryana, I. (2021). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Menggunakan Instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) pada Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 49–68.
Jannah, M., & Raharjo. (2019). Kelayakan Buku Ajar Berbasis Quantum Learning Pada Materi Koordinasi Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3), 34–40.
Kumalasari, S. F., Pujiadi, N., Utami, B., Santoso, A. M., & Primandiri, P. R. (2022). Analisis Pengembangan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X-10 pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Kediri. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran, 146–152.
Kurniawan, R., & Winarsih, W. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Inkuiri pada Materi Ekosistem untuk Melatih Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 250–262. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p250-262
Kusniyah, L., & Trimulyono, G. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Strategi Know-Want-Learned (KWL) Plus untuk Melatih Keterampilan Metakognitif pada Materi Archaebacteria dan Eebacteria Kelas X MA. BioEdu, 8(3), 120–128. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan Metakognitif dalam Pembelajaran dan Pengajaran Biologi di Kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(1), 8–19. https://doi.org/10.26555/symbion.3504
Maghfiroh, K., & Susantini, E. (2023). The Development of E-book Oriented Know-Want-Learned (KWL) Strategy to Train Metacognitive Skills in Genetic Material for 12th Grade Student. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(3), 595–607. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Mudaningrat, A., Partaya, P., & Yulianti, D. (2023). Analisis Kesesuaian Soal Evaluasi Pembelajaran Biologi SMA Ditinjau Berdasarkan Tipe HOTS (High Order Thinking Skills) Menggunakan Taksonomi Bloom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 50–57. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Mursitaningrum, R. S., Yuliani, & Yakub, P. (2019). Keefektifan LKPD Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis. 8(3), 97–104.
Muthmainnah, T. A., & Ariya, A. A. (2024). Konsep Dasar Metakognisi dalam Proses Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7, 13549–13556.
Nisa’, A. A. K., & Susantini, E. (2021). The Implementation of E-LKPD by using Know-Want-Learned (KWL) Strategy on Genetic Material Topic to Train Metacognitive Skills. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 335–342. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p335-342
Nurdiana, M., Rachmadiarti, F., & Rahayu, D. A. (2024). Pengembangan Flipbook Berbasi Reciprocal Teaching Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Siswa X SMA The Development Of Environmental Change Flipbook on Reciprocal Teaching to Train the Metacognitive Skills Of 10 Th Gr. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(2), 383–391. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Nurfadillah. (2020). KWL (Know-Want to Know-Learned) Strategy for Teaching English Reading Comprehension In Efl Classroom. Journal of Islamic Studies and Society, 1(2), 91–110.
Ogle, D. M. (1986). K-W-L: A Teaching Model That Develops Active Reading of Expository Text. The Reading Teacher, 39(6), 564–570. https://doi.org/10.1598/rt.39.6.11
Putri, D. V. E., & Susantini, E. (2021). Penerapan E-LKPD berbasis Strategi KWL Plus pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 367–375. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p367-375
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sahadah, S. Z., & Yuliani. (2024). Pengembangan E-LKPD Interaksi Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritid Peserta Didik. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 13(3), 582–593.
Sari, M. I. P., Widowati, A., Wilujeng, I., Az-Zahro, S. F., & Ramadhanti, D. (2022). Effectiveness of SETS-Based Electronic Student Worksheet (E-LKPD) to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 10(1), 9. https://doi.org/10.26714/jps.10.1.2022.9-14
Sugiyono. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susantini, E., Puspitawati, R. P., Raharjo, & Suaidah, H. L. (2021). E-book of Metacognitive Learning Strategies: Design and Implementation to Activate Student’s Self-Regulation. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 16(1).
Susantini, Endang. 2022. Monograf: Implementasi Strategi Metakognitif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Thalib, I., Ningsih, K., & Wahyuni, E. S. (2020). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dan Retensi Siswa Materi Ekosistem Kelas X. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1–9.
Wahyudi, F., Didik, L. A., & Bahtiar, B. (2021). Pengembangan Instrumen Three Tier Test Diagnostik Untuk Menganalisis Tingkat Pemahaman Dan Miskonsepsi Siswa Materi Elastisitas. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2), 48. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i2.5184
Wicaksono, S. A., & Wiratama, R. (2024). Pemanfaatan Media Digital Interaktif dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan Dan Biologi, 1(3).
Widiartini, N. K., & Sudirtha, I. G. (2019). Effect of KWL Learning Method (Know-Want-Learn) and Self-Assessment on Student Learning Independence Vocational High School. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 277–284. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n2.331
Wulandari, L., & Qomariyah, N. (2025). Validitas Modul Elektronik Interaktif Berbasi Studi Kasus Materi Sistem Ekskresi untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA. BioEdu, 14(1), 75–83.
Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132–147. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.30458
Abstract views: 252
,
PDF Downloads: 48











