PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI PENGHASILAN TIDAK KENA PAJAK KELAS XI DI SMK NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada materi penghasilan tidak kena pajak dengan penerapan antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian True Eksperimental dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 4 Surabaya tahun 2017/2018 yang berjumlah 109 siswa. Sampel penelitian ini diambil secara random dan didapat kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas AK 2 sebagai kelas kontrol model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada kelas eksperimen yang diberi penerapan NHT dengan rata-rata nilai awal 47,78 dan rata-rata nilai akhir 86,11 meningkat sebesar 38,33. Sedangkan kelas kontrol yang diberi penerapan STAD dengan rata-rata nilai awal 47,39 dan nilai rata-rata akhir 82,36 meningkat sebesar 34,72. Dari hasil perhitungan signifikansi sebesar 0,034 kurang dari 0,05. Hasil thitung > ttabel yaitu 2.168 > 1.9944 pada taraf signifikansi 5% dan df = 70 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi Penghasilan Tidak Kena Pajak kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 4 Surabaya. NHT menunjukkan hasil belajar yang unggul dibandingkan dengan STAD.Hal ini bahwa pada pembelajaran NHT dapat menunjang keaktifan siswa, siswa dapat berperan aktif dan aktivitas belajar banyak dilakukan oleh siswa dalam pembelajaran. Dengan demikian siswa mendapat pengetahuan baru dengan pemahaman lebih luas dan dapat mengembangkan pola belajarnya dengan kemampuan serta keterampilannya.
Kata Kunci: Hasil Belajar, NHT (Numbered Heads Together), STAD (Student Teams Achievement Division).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 32