Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Kelas X SMK Negeri 2 Mojokerto
Abstract
Mata pelajaran Perbankan Dasar memuat berbagai materi mengenai dunia perbankan termasuk salah satu diantaranya yaitu simpanan deposito. Kegiatan menyimpan uang di bank khususnya simpanan deposito telah menjadi kegiatan yang umum dikalangan masyarakat. Namun bagi peserta didik simpanan deposito masih menjadi hal baru yang belum pernah dilakukan oleh para peserta didik. Oleh karena itu, didalam kegiatan pembelajaran diperlukan model pembelajaran agar peserta didik mampu memahami materi mengenai simpanan deposito.. Model pembelajaran yang dipilih pada penelitian ini untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang menyajikan permasalahan dunia nyata untuk dilakukan penyelidikan dan analisa oleh peserta didik. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh deskripsi atas (1) aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning; (2) aktivitas peserta didik dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning; (3) pencapaian hasil belajar peserta setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan (4) respon peserta didik kelas X PS 2 SMK Negeri 2 Mojokerto atas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, post-test, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dan II masing-masing memperoleh 88% dan 94%; aktivitas peserta didik pada siklus I dan II masing-masing memperoleh 74% dan 85%; hasil belajar peserta didik pada siklus I dan II masing-masing memperoleh 67% dan 83%; respon peserta didik pada siklus I dan II masing-masing memperoleh 89,68% dan 94,04%. Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Mojokerto.Kata kunci: Problem Based Learning, model pembelajaran, perbankan dasar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 130