Pengembangan LKPD Berbentuk Pop Up Book Sebagai Bahan Ajar Pendukung Pada Materi Utang Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 4 Surabaya

  • EKA WIDYA ANDRIYANI
  • JONI SUSILO WIBOWO

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respon siswa terhadap LKPD berbentuk pop up yang dikembangkan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, dengan model pengembangan Thiagarajan 4-D yang meliputi pendifinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Data yang didapatkan menggunakan angket terbuka dan angket tertutup. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 85,31%, validasi ahli grafis sebesar 91,36%, dan validasi ahli bahasa sebesar 87,14%, sehingga keseluruhan mendapatkan skor 87,93%. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbentuk pop up ini sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran sebagai bahan ajar pendukung pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi pokok utang lancar.

 

Kata Kunci: Bahan Ajar, LKPD, Pop Up, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Keuangan

Published
2018-09-25
How to Cite
WIDYA ANDRIYANI, E., & SUSILO WIBOWO, J. (2018). Pengembangan LKPD Berbentuk Pop Up Book Sebagai Bahan Ajar Pendukung Pada Materi Utang Kelas XI Akuntansi Di SMK Negeri 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25654
Section
Article
Abstract Views: 241
PDF Downloads: 194