PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN DAN TANPA BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG DI KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 SURABAYA

  • FITRI PATMAWATI
  • JONI SUSILO WIBOWO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian true experiment menggunakan rancangan penelitian pretest postest control group design. Penelitian bertujuan untuk menunjukkan perbedaan hasil belajar antara penerapan pendekatan saintifik dengan dan tanpa berbantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi laporaan keuangan perusahaan dagang dikelas XI Akuntansi SMKN 1 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi kelas XI Akuntansi di SMKN 1 Surabaya yang berjumlah 8 kelas. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling dan diambil secara acak sebanyak 2 kelas setelah dilakukan pretest, dimana kelas XI Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik mendapatkan nilai rata-rata posttest sebesar 93,90 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa tanpa menggunakan LKS berbasis pendekatan saintifik yang mendapat nilai rata-rata posttest sebesar 83,10. Selain itu, jika dilihat dari uji hipotesis menggunakan uji t yang menggunakan bantuan program SPSS dengan uji statistik independent sample test menunjukkan taraf sinifikansi t-tes sebesar 0,000 < 0,05 dan diketahui t hitung sebesar 6,400 > t tabel sebesar 1,989 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara penerapan pendekatan saintifik dengan dan tanpa berbantuan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi laporan keuangan perusahaan dagang dikelas XI Akuntansi SMKN 1 Surabaya.

Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Lembar Kegiatan Siswa, Hasil Belajar

 

Abstract

This research belongs to experimental research using True Experiment research with Pre-test and Post-test control group design. This research aims to find out the differences of student learning result in applying scientific approach with and without using student activity sheet on financial statements of trading company material in class XI of accounting class in SMKN 1 Surabaya. The research subjects were the eleventhgrade students of accounting class. There were eight classes used as samples. The samples were determined using simple random sampling technique and taken randomly in two classes after pretest in which class XI accounting 1 as control class and class XI accounting 2 as experiment class. The result of this research indicated that students learning outcomes using student activity sheet with scientific approach got higher than the student without activity sheet. The average value showed that the students with activity sheet got 93.90 while the students who did not use activity sheet got 83.10 Besides, the researcher also used SPSS to get the hypothesis. Independent sample test was chosen to show the significance which showed that the significant level was 0,000 < 0,05 and it was known t was 6,400> t table 1,989, therefore, Ho was refused and Ha was accepted. In short, it can be concluded that there is a significant difference on students learning result in applying saintific approach with and without using student activity sheet on financial statements of trading company material in class XI of accounting class in SMKN 1 Surabaya

Key words: scientific approach, student activity sheet, student learning result.

Published
2018-11-06
How to Cite
PATMAWATI, F., & SUSILO WIBOWO, J. (2018). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN DAN TANPA BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) PADA MATERI LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG DI KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/25946
Section
Article
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 34