PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO
Abstract
Abstrak
Model pembelajaran kooperatif adalah sebuah alternatif sebagai penunjang guru dalam menyampaikan materi atau pesan. Model pembelajaran yang sesuai akan meningkatkan kinerja dari siswa sehingga siswa dapat memahami materi serta mendapatkan pengetahuan baru terhadap siswa lainnya. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar peserta didik materi pajak penghasilan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Group Investigation (GI) kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Jenis penelitian menggunakan penelitian True Eksperimental dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan diambil secara random yakni kelas XI AK 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model Group Investigation dan kelas X1 AK 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model Two Stay Two Stray. Hasil uji t dari nilai posttest menunjuk pada taraf signifikansi sebesar 0,001 atau kurang dari 0,05 dengan hasil thitung>ttabel (3,478>1,998) pada signifikansi 5% dan df = 62. Pada kelas eksperimen dengan model TSTS dengan nilai awal rata-rata 63,12 dan nilai akhir rata-rata 91,12 meningkat sebesar 28. Sedangkan kelas kontrol dengan model GI dengan nilai awal rata-rata 63,43 dan nilai akhir rata-rata 84,75 meningkat sebesar 21,32. Hasil t-test menunjuk taraf signifikansi 0,013 atau kurang dari 0,05,dengan thitung>ttabel (2,553>1,998) taraf signifikansi 5% dan df = 62 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Two Stay Two Stray,Group Investiagation
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

