PERBANDINGAN HASIL BELAJAR STAD DENGAN DAN TANPA MEDIA CAI PADA PEMBELAJARAN PERBANKAN DASAR KELAS X AKL DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO
Abstract
Kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis perbedaan hasil belajar model kooperatif tipe STAD dengan dan tanpa media CAI. (2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media CAI pada pembelajaran perbankan dasar materi kredit perbankan di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode True Experiment dengan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AKL di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto yang berjumlah 94 siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X AKL 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan kuisioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen yang semula 52,1 meningkat menjadi 85,3. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar yang semula 52,4 meningkat menjadi 80,3. Serta berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3.045 > 2.000), serta nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0.003 < 0.05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk respon siswa kelas eksperimen mencapai 84,3% dengan kriteria sangat baik sehingga dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa media CAI memperoleh respon positif dari siswa dalam pembelajaran perbankan dasar materi kredit perbankan di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto
Kata Kunci: Computer Assisted Instruction (CAI), Students Teams Achievement Divisions (STAD), hasil belajar
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 52