PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DENGAN MENGGUNAKAN CAMTASIA STUDIO SEBAGAI BAHAN PENGAMATAN PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI (MYOB) KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN SIDOARJO
Abstract
Abstrak
Pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan Kurikulum 2013. Dalam kurikulum ini, proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan saintifik. Salah satu tahapan dalam pendekatan saintifik adalah tahapan Mengamati, yang bertujuan agar siswa memperoleh pemenuhan rasa ingin tahu. Dalam penerapan pendekatan saintifik, guru akan berperan sebagai fasilitator. Salah satu fasilitas belajar yang dapat dipersiapkan oleh guru adalah media pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran membuat proses belajar mengajar akan menjadi lebih lancar, efektif dan dapat membangun motivasi siswa dengan lebih baik. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan media pembelajaran video tutorial dengan menggunakan camtasia studio pada mata pelajaran komputer akuntansi. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model ADDIE. Penelitian pengembangan ini menggunakan instrumen penelitian berupa lembar telaah ahli, lembar validasi ahli, dan angket respon siswa. Uji coba media pembelajaran dilakukan pada 20 orang siswa kelas XI akuntansi di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Hasil data dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik prosentase. Hasil validasi ahli materi dan ahli media mendapat prosentase rata-rata yaitu 87,16% dan 96,83% dengan kriteria sangat layak. Kemudian hasil uji coba kepada siswa mendapat prosentase rata-rata yaitu 96,60% dengan kriteria sangat dipahami. Hasil keseluruhan validasi ahli dan uji coba terbatas mendapatkan rata-rata prosentase sebesar 93,53% sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan pengamatan siswa serta serta mendapatkan respon sangat dipahami dari siswa.
Kata Kunci: media pembelajaran, video tutorial, pengamatan, komputer akuntansi (MYOB).
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 147