PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) SEBAGAI PENDUKUNG KURIKULUM 2013 PADA MATERI NERACA SALDO, JURNAL PENYESUAIAN, DAN NERACA LAJUR PERUSAHAAN MANUFAKTUR KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SAMBENG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menganalisis hasil kelayakan dan respon peserta didik terhadap Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) sebagai pendukung kurikulum 2013 pada materi neraca saldo, jurnal penyesuaian, dan neraca lajur perusahaan manufaktur. Pengembangan LKPD ini diuji kelayakan oleh 3 ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli grafis serta diuji coba kepada 20 peserta didik kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Sambeng. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Thiagarajan 4-D tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar 85,17% , validasi ahli bahasa 85,71% , validasi grafis 89,6% dan respon peserta didik sebesar 91%. Sehingga keseluruhan didapkatkan skor sebesar 87,87% dan dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik sebagai pendukung kurikulum 2013 sangat layak digunakan pada mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan manufaktur.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.