PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MENGGUNAKAN COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI POKOK MENYUSUN NERACA SALDO
Abstract
Materi pengantar akuntansi merupakan materi awal yang diterima siswa jurusan akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto, siswa kelas X akuntansi masih merasa kesulitan memahami materi jurnal penyesuaian. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan Collaborative Learning pada materi pokok menyusun neraca saldo, juga berisi materi tentang jurnal penyesuaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi pokok menyusun neraca saldo melalui pembelajaran kolaboratif. Uji coba terbatas dilakukan oleh 20 siswa SMK Negeri 1 Sooko. Kelayakan LKS ditinjau dari 5 aspek yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, kelayakan kegrafikaan, dan kelayakan kesesuaian dengan collaborative learning, serta respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Penelitian ini dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perancangan, dan 3) tahap pengembangan. Dari hasil validasi ahli materi mendapat persentase penilaian pada kelayakan isi sebesar 84,29%, kelayakan penyajian sebesar 75,71%, kelayakan bahasa sebesar 73,33%, kelayakan kegrafikaan sebesar 70%, kelayakan kesesuaian dengan collaborative learning sebesar 80%. Hasil validasi ahli grafis menunjukkan persentase penilaian pada kelayakan kegrafikaan sebesar 77,5%. Hal ini didukung hasil respon siswa dengan persentase sebesar 89,1%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka LKS yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan LKS, pembelajaran kolaboratif, menyusun neraca saldo
Downloads
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

