PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MENGGUNAKAN COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI POKOK MENYUSUN NERACA SALDO

Authors

  • Dessy Yulia Safitri
  • Joni Susilowibowo

Abstract

Materi pengantar akuntansi merupakan materi awal yang diterima siswa jurusan akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto, siswa kelas X akuntansi masih merasa kesulitan memahami materi jurnal penyesuaian. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) menggunakan Collaborative Learning pada materi pokok menyusun neraca saldo, juga berisi materi tentang jurnal penyesuaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) pada materi pokok menyusun neraca saldo melalui pembelajaran kolaboratif. Uji coba terbatas dilakukan oleh 20 siswa SMK Negeri 1 Sooko. Kelayakan LKS ditinjau dari 5 aspek yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, kelayakan kegrafikaan, dan kelayakan kesesuaian dengan collaborative learning, serta respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Penelitian ini dibatasi pada tiga tahap yaitu 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perancangan, dan 3) tahap pengembangan. Dari hasil validasi ahli materi mendapat persentase penilaian pada kelayakan isi sebesar 84,29%, kelayakan penyajian sebesar 75,71%, kelayakan bahasa sebesar 73,33%, kelayakan kegrafikaan sebesar 70%, kelayakan kesesuaian dengan collaborative learning sebesar 80%. Hasil validasi ahli grafis menunjukkan persentase penilaian pada kelayakan kegrafikaan sebesar 77,5%. Hal ini didukung hasil respon siswa dengan persentase sebesar 89,1%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka LKS yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan LKS, pembelajaran kolaboratif, menyusun neraca saldo

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Yulia Safitri, D., & Susilowibowo, J. (2014). PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MENGGUNAKAN COLLABORATIVE LEARNING PADA MATERI POKOK MENYUSUN NERACA SALDO. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32726

Issue

Section

Article
Abstract views: 266 , PDF Downloads: 243

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>