PENGEMBANGAN BUKU AJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR MATERI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS X AKL DI SMK NEGERI 10 SURABAYA

  • DYAH AYU SETIYONINGRUM
  • JONI SUSILOWIBOWO

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis proses pengembangan buku ajar, menganalisis kelayakan buku ajar, dan menganalisis respon peserta didik terhadap buku ajar yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Four-D oleh Thiagarajan tanpa melakukan tahap penyebaran atau disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil rata-rata kelayakan dari para ahli senilai 88,38% dengan kategori Sangat Layak. Komponen kelayakan isi materi memperoleh hasil kelayakan senilai 88,46% dengan kategori Sangat Layak, komponen kelayakan penyajian materi memperoleh hasil kelayakan senilai 89,09% dengan kategori Sangat Layak, komponen kelayakan kegrafisan memperoleh hasil kelayakan senilai 85,46% dengan kategori Sangat Layak, dan komponen kelayakan kebahasaan memperoleh hasil kelayakan senilai 92,85% dengan kategori Sangat Layak. Uji coba produk juga menunjukkan buku ajar yang dikembangkan mendapat respon positif dari peserta didik, hal tersebut ditunjukkan dengan perolehan hasil respon peserta didik senilai 90,41% dengan kategori Sangat Memahami.

Kata Kunci: Buku Ajar, Pendekatan Saintifik, Akuntansi Dasar.

Published
2019-07-29
How to Cite
AYU SETIYONINGRUM, D., & SUSILOWIBOWO, J. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR MATERI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS X AKL DI SMK NEGERI 10 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/29792
Section
Article
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 115