STUDI TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 SURABAYA
Abstract
Media pembelajaran adalah segala bentuk saluran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pengetahuan guna mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran akuntansi yang digunakan oleh guru akuntansi di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Surabaya dan untuk mendeskripsikan kelayakan dari penggunaan media pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan telaah ahli media. Hasil penelitian ini adalah dalam pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran akuntansi berupa power point. Berdasarkan hasil telaah kelayakan untuk masing-masing aspek yaitu, aspek kelayakan isi memperoleh persentase sebesar 78,125% dengan kriteria sangat layak, aspek kelayakan kebahasaan memperoleh persentase sebesar 85,425% dengan kriteria sangat layak, dan aspek kelayakan penyajian memperoleh persentase sebesar 74% dengan kriteria layak. Secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 79,24%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran akuntansi yang digunakan oleh guru sangat layak.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 83