STUDI TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 SURABAYA

  • Uky Permata Sari
  • Joni Susilowibowo

Abstract

Media pembelajaran adalah segala bentuk saluran yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pengetahuan guna mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran akuntansi yang digunakan oleh guru akuntansi di kelas XI IPS SMA Negeri 4 Surabaya dan untuk mendeskripsikan kelayakan dari penggunaan media pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan telaah ahli media. Hasil penelitian ini adalah dalam pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran akuntansi berupa power point. Berdasarkan hasil telaah kelayakan untuk masing-masing aspek yaitu, aspek kelayakan isi memperoleh persentase sebesar 78,125% dengan kriteria sangat layak, aspek kelayakan kebahasaan memperoleh persentase sebesar 85,425% dengan kriteria sangat layak, dan aspek kelayakan penyajian memperoleh persentase sebesar 74% dengan kriteria layak. Secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 79,24%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran akuntansi yang digunakan oleh guru sangat layak.

How to Cite
Sari, U. P., & Susilowibowo, J. (1). STUDI TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI AKUNTANSI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 1(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/32713
Section
Article
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 83