Pengembangan Buku Ajar Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Pratikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Di Kelas XI AKL SMK Negeri 2 Tuban

  • DIANA LISA FITRI
  • AGUNG LISTIADI

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan buku ajar berbasis scientific approach pada mata pelajaran pratikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah di kelas XI AKL SMK Negeri 2 Tuban yang dapat membantu pendidik maupun peserta didik saat proses pembelajaran dikarenakan mengalami kesulitan dan kekurangan bahan ajar yang sama dengan kurikulum 2013 saat proses pembelajaran. Adapun tujuan lain yaitu untuk melihat kelayakan dan respon peserta didik pada buku ajar pratikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis scientific approach yang telah dikembangkan. Model pengembangan menggunakan yaitu model pengembangan 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Peneliti hanya menggunakan model pengembangan hingga tahap Develop sedangkan pada tahap Disseminate tidak digunakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitihan menunjukan kelayakan materi sebesar 91%, kelayakan bahasa sebesar 85,71%, dan kelayakan grafis sebesar 97,69% dengan rata kelayakan keseluruhan sebesar 91,47% dapat dikatakan “Sangat Layak”. Sedangkan respon peserta didik diperoleh 88,92% dapat dikatakan “Sangat Baik”. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa, pengembangan buku ajar pratikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis scientific approach sangat layak digunakan untuk bahan ajar guna meningkatkan pemahaman materi bagai peserta didik di kelas XI AKL SMK Negeri 2 Tuban.

Published
2019-08-05
How to Cite
LISA FITRI, D., & LISTIADI, A. (2019). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Pratikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Di Kelas XI AKL SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30070
Section
Article
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 51