Pengembangan Buku Ajar Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Pratikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Di Kelas XI AKL SMK Negeri 2 Tuban
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan buku ajar berbasis scientific approach pada mata pelajaran pratikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah di kelas XI AKL SMK Negeri 2 Tuban yang dapat membantu pendidik maupun peserta didik saat proses pembelajaran dikarenakan mengalami kesulitan dan kekurangan bahan ajar yang sama dengan kurikulum 2013 saat proses pembelajaran. Adapun tujuan lain yaitu untuk melihat kelayakan dan respon peserta didik pada buku ajar pratikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis scientific approach yang telah dikembangkan. Model pengembangan menggunakan yaitu model pengembangan 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Peneliti hanya menggunakan model pengembangan hingga tahap Develop sedangkan pada tahap Disseminate tidak digunakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitihan menunjukan kelayakan materi sebesar 91%, kelayakan bahasa sebesar 85,71%, dan kelayakan grafis sebesar 97,69% dengan rata kelayakan keseluruhan sebesar 91,47% dapat dikatakan “Sangat Layak”. Sedangkan respon peserta didik diperoleh 88,92% dapat dikatakan “Sangat Baik”. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa, pengembangan buku ajar pratikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah berbasis scientific approach sangat layak digunakan untuk bahan ajar guna meningkatkan pemahaman materi bagai peserta didik di kelas XI AKL SMK Negeri 2 Tuban.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 51