PENGEMBANGAN BAHAN AJAR COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI UNTUK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURABAYA

  • INGGAR SUCI SARASWATI
  • AGUNG LISTIADI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar Computer Assisted Instruction (CAI) komputer akuntansi untuk kelas XI yang disusun dan dikembangkan menggunakan program Adobe Captivate 9 sehingga menghasilkan bahan ajar interaktif dengan model penyajian tutorial, simulasi, dan permainan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, menganalisis kelayakan, dan menganalisis respon dari peserta didik terhadap bahan ajar Computer Assisted Instruction (CAI) menggunakan Adobe Captivate pada mata pelajaran komputer akuntansi untuk kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi yang diikuti oleh kegiatan evaluasi dan revisi dalam setiap tahapannya. Namun, dalam penelitian ini tidak melalui tahap penilaian sumatif. Secara umum, bahan ajar CAI mendapatkan pesentase kelayakan dari hasil validasi sebesar 91,5% dalam kategori “sangat layak” digunakan dalam proses pembelajaran, dengan perincian 94,5% untuk aspek isi materi, 90% untuk aspek penyajian materi, 84% untuk aspek kegrafikaan, dan 98,5% untuk aspek kebahasaan. Hasil uji pengguna (pilot testing) terhadap 20 orang peserta didik kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surabaya menghasilkan respon yang “sangat baik” dari peserta didik dengan perolehan sebesar 96,7%.

Published
2019-08-12
How to Cite
SUCI SARASWATI, I., & LISTIADI, A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI UNTUK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30194
Section
Article
Abstract Views: 186
PDF Downloads: 211