PENGEMBANGAN BAHAN AJAR COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MENGGUNAKAN ADOBE CAPTIVATE PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI UNTUK KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar Computer Assisted Instruction (CAI) komputer akuntansi untuk kelas XI yang disusun dan dikembangkan menggunakan program Adobe Captivate 9 sehingga menghasilkan bahan ajar interaktif dengan model penyajian tutorial, simulasi, dan permainan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, menganalisis kelayakan, dan menganalisis respon dari peserta didik terhadap bahan ajar Computer Assisted Instruction (CAI) menggunakan Adobe Captivate pada mata pelajaran komputer akuntansi untuk kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi yang diikuti oleh kegiatan evaluasi dan revisi dalam setiap tahapannya. Namun, dalam penelitian ini tidak melalui tahap penilaian sumatif. Secara umum, bahan ajar CAI mendapatkan pesentase kelayakan dari hasil validasi sebesar 91,5% dalam kategori “sangat layak” digunakan dalam proses pembelajaran, dengan perincian 94,5% untuk aspek isi materi, 90% untuk aspek penyajian materi, 84% untuk aspek kegrafikaan, dan 98,5% untuk aspek kebahasaan. Hasil uji pengguna (pilot testing) terhadap 20 orang peserta didik kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Surabaya menghasilkan respon yang “sangat baik” dari peserta didik dengan perolehan sebesar 96,7%.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PDF Downloads: 211