PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN

  • NURLAILA MEGAWATI HW
  • AGUNG LISTIADI

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil diskusi awal yang dilakukan oleh peneliti dengan guru mata pelajaran akuntansi dasar menunjukkan bahwa diperoleh hasil belajar peserta didik masuk dalam kategori rendah. Hal ini dibutikan melalui dokumentasi nilai yang menunjukkan bahwa terdapat 75% atau 25 siswa memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yakni 75. Masalah ini muncul karena guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintak pendekatan saintifik, yakni di tahap menanya dan mengkomunikasi. Dengan tidak optimalnya pelaksanaan pembelajaran tersebut. Maka peneliti ingin melakukan penelitian kembali dengan penerapan pendekatan saintifik yang dijalankan sesuai sintaknya. Diperoleh hasil obeservasi bawa hasil belajar siswa memperoleh presentase sebesar 74,5% di siklus I dan meningkat sebesar 89,9% di siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintific pada mata pelajaran akuntansi dasar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Pendekatan Saintific, Hasil belajar.

 

Abstract

Based on the results of initial discussions conducted by researchers with teachers of basic accounting subjects, it was found that student learning outcomes were still relatively low. This is necessary through the documentation of grades which indicate that there are 75% or 25 students who have scored below the Minimum Mastery Criteria (KKM) that have been set, which is 75. This problem arises because the teacher has not carried out learning activities in accordance with the syntax of the scientific approach, namely at the questioning stage and communicate. With the non-optimal implementation of the learning. So researchers want to do research again with the application of a scientific approach that is run according to syntax. Obtained observation results bring student learning outcomes obtain a percentage of 74.5% in the first cycle and an increase of 89.9% in the second cycle. So it can be concluded that the application of a scientific approach to basic accounting subjects can improve student learning outcomes

Keywords: Scientific Approach, Learning Outcomes

Published
2019-09-23
How to Cite
MEGAWATI HW, N., & LISTIADI, A. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30594
Section
Article
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 121