PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/INSTANSI PEMERINTAH KELAS XI AKL DI SMK NEGERI 1 GEGER KAB.MADIUN

  • QONIAH WARDANI
  • AGUNG LISTIADI

Abstract

Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah merupakan materi yang baru diperoleh peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Geger. Peserta didik mengalami kesulitah dalam memperoleh materi pada bahan ajar dikarenakan buku ajar yang masih terbatas. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan serta respon peserta didik terhadap buku ajar berbasis collaborative learning pada mata pelajaran akuntansi lembaga/instansi pemerintah kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Geger Kab.Madiun. model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D dari Thiagarajan yang terbatas pada tahap develop. Instrumen penelitian ini meliputi lembar telaah para ahli dan lembar respon peserta didik untuk mengetahui kelayakan dari buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan buku ajar memperoleh kelayakan dari hasil validasi ahli materi sebesar 93,80% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli grafis sebesar 97,14 dengan kriterian sangat layak, dan validasi ahli bahasa sebesar 94,46% dengan kriteria sangat layak. Dengan begitu, rata-rata kelayakan buku ajar sebesar 95,13% dengan kriteria sangat layak. Hal tersebut didukung oleh respon peserta didik sebesar 94,77% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka buku ajar berbasis collaborative learning yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.





Published
2019-12-10
How to Cite
WARDANI, Q., & LISTIADI, A. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/INSTANSI PEMERINTAH KELAS XI AKL DI SMK NEGERI 1 GEGER KAB.MADIUN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31143
Section
Article
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 45