PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERPAJAKAN KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN

  • QORY EKA RETTA SARI
  • AGUNG LISTIADI

Abstract

Abstrak
Pembaharuan kurikulum 2013 terbaru dengan sciencetific approach mengharuskan kegiatan belajar mengajar dituntut agar lebih berpusat pada peserta didik dan guru hanya berlaku sebagai fasilitator. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan seorang guru untuk memfasilitasi peserta didik yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS 6 pada mata pelajaran administrasi perpajakan dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian pengembangan ini divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Uji coba media pembelajaran interaktif dilakukan pada 20 orang peserta didik kelas XII Akuntansi di SMKN 2 Buduran. Media pembelajaran interaktif ini memperoleh hasil rata-rata prosentase keseluruhan variabel dari para ahli sebesar 89,67% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil respon peserta didik memperoleh prosentase rata-rata 91,16% dengat interpretasi “Sangat Dipahami”. Maka, rata-rata keseluruhan dari hasil validasi para ahli serta hasil angket respon siswa diperoleh prosentase sebanyak 90,16% dan berkriteria “sangat layak”. Maka, bisa dikatakan bahwa media interaktif administrasi perpajakan untuk kelas XI akuntansi yang telah dikembangkan sangat layak dipergunakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di SMKNegeri 2 Buduran.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Administrasi Perpajakan, PPh Badan Terutang, SMK
Abstract
The latest 2013 curriculum update with a scientific approach requires that the learning process is demanded to be more student-centered and the teacher only acts as a facilitator. One preparation that can be done by a teacher to facilitate students is by utilizing learning media. Therefore, an interactive learning media development was carried out using Adobe Flash Professional CS 6 on tax administration subjects with the ADDIE development model. This development research was validated by two material experts and 1 media expert. The interactive learning media trial was held on twenty students of class XII Accounting at SMKNegeri 2 Buduran. This interactive learning media obtained an average percentage of all variables from experts at 89.67% with the criteria "Very Decent". The results of students responses obtained an average percentage of 91.16% with the interpretation "Very Understood". So, the overall average of the results of the validation of the experts and the results of the student questionnaire responses obtained a percentage of 90.16% with the criteria "Very Decent". So, it can be said that the interactive learning media for tax administration for accounting XI class that has been developed is very suitable to be used as a learning media in teaching and learning process at SMK Negeri 2 Buduran.
Keywords: interactive learning media, tax administration, corporate income tax payable, vocational school

Published
2019-12-13
How to Cite
EKA RETTA SARI, Q., & LISTIADI, A. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERPAJAKAN KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/31207
Section
Article
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 112