Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Tpack Submateri Animalia Vertebrata untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Peserta Didik Kelas X SMA

Authors

  • Mahendra Ekalukmana Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Reni Ambarwati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n2.p414-428

Keywords:

E-LKPD, TPACK, Berpikir kritis, Vertebrata, N-gain

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan abad 21 meliputi keterampilan 4C (Critical Thinking, Collaboration, Communication, Creativity) yang perlu dimiliki oleh peserta didik serta untuk mencapai standar kelulusan Kurikulum Merdeka pada submateri Animalia Vertebrata sesuai capaian pembelajaran (CP) fase E kelas X Sekolah Menengah Atas. Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) menjadi salah satu alternatif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis dalam memecahkan masalah pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan menghasilkan E-LKPD berbasis pendekatan TPACK untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis meliputi interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi yang valid, praktis, serta efektif. Model pengembangannya yakni 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Sebanyak 20 peserta didik kelas X SMA Atma Widya Surabaya mengikuti uji coba terbatas. Validitas E-LKPD ditinjau dari aspek isi, desain, multimedia, keterampilan berpikir kritis, TPACK dan bahasa oleh validator ahli. Kepraktisan E-LKPD ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran serta respons guru dan peserta didik. Keefektifan E-LKPD ditinjau dari ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis. Penelitian pengembangan ini menghasilkan E-LKPD berbasis pendekatan TPACK berbantuan liveworksheet terdapat fitur-fitur E-LKPD meliputi Bio-Orientation, Bio-Activity, Bio-Task, dan Bio-Reflection yang fungsinya disesuaikan dengan komponen TPACK dan merujuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan penelitian mendapatkan hasil bahwa E-LKPD valid dengan rata-rata skor sebesar 3,75. E-LKPD praktis dengan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran 93,8%, hasil respons guru 98,1%, dan hasil respons peserta didik 99,1% serta E-LKPD efektif dengan hasil lembar tes ketercapaian indikator keterampilan berpikir kritis, mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,80 (tinggi). Temuan ini mengindikasikan bahwa E-LKPD valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). A Mastery Of Biological Concept And Critical Thinking Ability Differences Of Grade Ten Student Of Man 1 Praya On The Implementation Of Cooperative-Based Learning Group Investigation Type And Guided Inquiry-Based Learning. Pijar MIPA, XIII(1): 19–23.

Alpizar-Chacon, I., & Sosnovsky, S. (2021). Knowledge models from PDF textbooks. New Review of Hypermedia and Multimedia, 27(1–2), 128–176.

Alpizar-Chacon, I., van der Hart, M., Wiersma, Z. S., Theunissen, L. S., Sosnovsky, S., Brusilovsky, P., Baraniuk, R., & Lan, A. (2020). Transformation of PDF textbooks into intelligent educational resources. iTextbooks 2020, 2674, 4–16.

Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1): 72-80.

Ariq, M.I., & Fitrihidajati, H. (2021). Validitas E-LKPD “Ekosistem” Berbasis Saintifik Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BIOEDU, 10(3): 562 – 571.

Ariyana, & et.al. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untuk menyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.

Asy’ari, M., Samsuri, T., Firdaus, L., Prayogi, S., Azmi, I., Mujriah, M., ... & Rahmawati, H. (2023). Enhancing the Quality of Learning Through Training in PBL and TPACK-Based Teaching Module. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 889-897.

Azhari, A., & Huda, Y. (2022). Pengembangan elektronik lembar kerja peserta didik (E-LKPD) pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X teknik audio video SMK Negeri 1 Batang Natal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2646-2657.

Damayanti, J., & Ratnasari, Ε. (2021). Profil dan Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Bioentrepreneurship untuk Melatihkan Keterampilan Kewirausahaan dalam Era Industri 4.0. Bioedu. 10(3), 530-541.

Evawani, T., Rahayu, E. S., & Retnoningsih, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajran Bermakna Menggunakan Lembar Kerja Siswa Divergen Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 2(1).

Facione, P. A. (2013). Critical thinking for life: Valuing, measuring, and training critical thinking in all its forms. Inquiry: Critical thinking across the disciplines, 28(1), 5-25.

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: what it is and why it counts.Millbrae.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11 (1): 85-98.

Faradiba & Rachmadiarti (2020) Kelayakan Teoretis E-Book Interaktif Materi Ekosistem Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Bioedu, 9(2), 179-185.

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Jurnal Edusains, 4(2): 2338-4387.

Fauziyah, M., & Sukartiningsih, W. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Murder untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Manukan Kulon VI Surabaya. JPGSD, 7(4): 3239 – 3248.

Fitriasari, D. N. M., & Yuliani. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. BioEdu, 10(3): 510-523.

Ghaisani, N. R. T., & Setyasto, N. (2023). Development of Liveworksheets-Based Electronic Student Worksheets (E-LKPD) to Improve Science Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6147–6156.

Greene, M. D. & Jones, W. M. (2020). Analyzing Contextual Levels And Applications Of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) In English As A Second Language Subject Area: A Systematic Literature Review. Educational Technology & Society, 23(4), 75–88.

Gurevych, R. S., Dmitrenko, N. Ye., Petrova, A. I., Podzygun, O. A., & Opushko, N. R. (2022). Use of an etextbook for pre-service teachers in autonomous learning of English for specific purposes. Information Technologies and Learning Tools, 89(3), 64–77.

Hamdani, M., Prayitno, BA, & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen. Dalam Prosiding Konferensi Pendidikan Biologi: Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajaran, 16(1), 139-145.

Herviana, E., Sudargo, S., & Purwosetiyono, F. D. (2022). Analisis Berpikir Kritis Peserta didik SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(4), 371-377.

Jihad, A & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Muntazam: Journal Of Islamic Education Management, 2(01), 1-26.

Kek, M. Y. C. A., & Huijser, H. (2011). The power of problem‐based learning in developing critical thinking skills: preparing students for tomorrow’s digital futures in today’s classrooms. Higher Education Research & Development, 30(3), 329-341.

Martadi, M., & Handayaningrum, W. (2022). E-Book Interaktif Menggambar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS). Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 213-227.

Maulina, D., Rakhmawati, I., Surbakti, A., Sikumbang, D., & Wahyudi, D. (2021). TPACK: Analysis of Biology Learning Outcomes at Senior High School Level`s in the Bandar Lampung City During Online Learning. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 36–47.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Novianti, R., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2023). Pengembangan E-Module Berbasis Education For Sustainable Development Untuk Melatihkan Kompetensi Berpikir Kritis Pada Siswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 639-655.

OECD (2023), PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/53f23881-en.

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia interaktif berbasis game edukasi sebagai media pembelajaran materi sistem pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141-151.

Peng, Z., & Deng, L. (2017). Towards the core of educational reform: Cultivating critical thinking skills as the core of the 21st Century Skills. Research in Educational Development, 24, 21-27.

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2011). Penilaian hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan Edisi 2. Surabaya: Unesa University Press.

Retno, P. D. (2022). Penerapan Live Worksheet pada Model Pembelajaran Flipped Learning untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Peserta Didik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 161–176.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Saputra, B & Chaeruman, U. A. (2022). Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK): Analysis In Design Selection And Data Analysis Techniques In High School, International Journal of Instruction, 15(4), 777–796.

Setiawan, B., Rachmadtullah, R., Subandowo, M., & Retnani Srinarwati, D. (2022). Flashcard-Based Augmented Reality To Increase Students’ Scientific Literacy. KnE Social Sciences.

Setyo, A. A., Pomalato, S. W., Hulukati, E. P., Machmud, T., & Djafri, N. (2023). Effectiveness of TPACK-Based Multimodal Digital Teaching Materials for Mathematical Critical Thinking Ability. International Journal of Information and Education Technology, 13(10), 1604-1608.

Siahaan, R. Y. K. P. (2020). The effectiveness of public speaking learning media based on digital multimodal in Indonesian language courses at politeknik pariwisata medan. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 2036–2047.

Sinaga, P., & Setiawan, W. (2022). The impact of electronic interactive teaching materials (EITMs) in e-learning on junior high school students’ critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 46, 101066.

Sirait, J. V., & Maulida, R. (2023). Needs Analysis of The Development STEM-PjBL Based LKPD To Train Students' Critical Thinking Skills. Journal of Educational Sciences, 7(3), 488-498.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).

Syafitri, R. A., & Tressyalina. (2020). The Importance of the Student Worksheets of Electronic (E-LKPD) Contextual Teaching and Learning (CTL) in Learning to Write Description Text during Pandemic COVID-19. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 485, 284–287.

Syamsi, A. N., & Fitrihidajati, H. (2021). Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. BioEdu. 10(2). 397-402.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Wasahua, S. (2021). Konsep pengembangan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar. Horizon Pendidikan, 16(2), 72-82.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat belajar dan pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 4(1), 1-46.

Yatri, I., Boeriswati, E., & Bintoro, T. (2023). Promoting Students’ Critical Thinking Skills On Social Studies In Primary School: TPACK Based Instructional Media. International e-Journal of Educational Studies, 7(14), 407-415.

Downloads

Published

2025-05-28

Issue

Section

Articles
Abstract views: 176 , PDF Downloads: 36

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.