Coping Stress Pada Mahasiswa Generasi Z yang Sedang Magang
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p1224-1234Keywords:
Koping stres, mahasiswa, generasi z, magangAbstract
Generasi Z merupakan kelompok anak muda yang lahir antara tahun 1996 hingga 2010. Magang adalah proses mahasiswa dalam mendapatkan pengalaman secara langsung dengan terlibat dalam kegiatan lapangan. Magang dapat memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa di masa yang mendatang. Namun, jika mahasiswa tidak dapat menghadapi beban yang lebih besar saat menjalani program magang maka akan mengarahkannya pada situasi stres. Pada saat itulah, mahasiswa melakukan coping baik itu menggunakan strategi coping yang berfokus pada emosi (emotion-focused coping) maupun strategi coping yang berfokus pada masalah (problem-focused coping). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana strategi coping mahasiswa yang sedang magang dalam menghadapi stres. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara secara online. Hasil penelitian ini adalah strategi coping yang dilakukan oleh responden cenderung menggunakan strategi emotion-focused coping dengan melakukan self controlling, distancing, dan positive reappraisal. Responden juga menggunakan strategi problem-focused coping dengan melakukan planful problem solving. Strategi coping yang dipilih oleh responden dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dimana hal tersebut menjadi bahan pertimbangan responden dalam menentukan strategi coping yang efektif untuk digunakannya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

