Hubungan antara Modal Psikologis dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n2.p1098-1114Keywords:
kesiapan kerja, modal psikologis, mahasiswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan keberagaman kesiapan kerja mahasiswa. Penelitian ini dilakukan guna mencari tahu hubungan antara modal psikologis dengan kesiapan kerja pada mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode kuantitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian berjumlah 225 mahasiswa non kependidikan Universitas Negeri Surabaya yang sedang menjalankan magang pada semester genap 2023/2024 dengan masa magang minimal tiga bulan. Penelitian ini menggunakan skala modal psikologis serta kesiapan kerja. Analisis pada penelitian ini menggunakan korelasi Pearson Product Moment yang memiliki koefisien korelasi senilai 0.882 (r = 0.882) serta nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Berdasar data tersebut ditemukan bahwasanya terdapat hubungan antara modal psikologis dengan kesiapan kerja pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Semakin tinggi modal psikologis yang dimiliki, juga semakin tinggi kesiapan kerja pada mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal psikologis berperan penting dalam meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa.
Kata kunci : Kesiapan Kerja, Modal Psikologis, Mahasiswa
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

