Analisis Permainan Tradisional Kapal Otok-Otok Pada Pembelajaran Fisika Materi Termodinamika

Authors

  • Lintang Ayu Putri Ardiana Universitas Negeri Surabaya
  • Abd. Kholiq Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p116-122

Keywords:

permainan tradisional, kapal otok-otok, termodinamika, pembelajaran fisika

Abstract

Fisika sering kali dianggap sebagai mata pelajaran yang abstrak dan sulit dipahami oleh peserta didik. Salah satu pendekatan untuk menjembatani kesenjangan antara konsep teoritis dan pengalaman nyata siswa adalah melalui permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep termodinamika yang terkandung dalam permainan kapal otok-otok serta mengevaluasi potensinya sebagai media pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah studi literatur sistematis dengan pendekatan PRISMA 2020, melalui pencarian artikel di Google Scholar dan Scopus dalam kurun waktu 2015–2024. Dari hasil seleksi, diperoleh 18 artikel yang relevan dan dianalisis secara naratif. Hasil kajian menunjukkan bahwa mekanisme kapal otok-otok secara nyata menggambarkan prinsip Hukum I dan II Termodinamika, termasuk konversi energi dan efisiensi sistem tertutup. Selain itu, permainan ini dinilai mampu meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep, dan keterlibatan siswa secara aktif. Kapal otok-otok tidak hanya menyimpan nilai budaya, tetapi juga efektif sebagai sarana pembelajaran fisika yang kontekstual, menyenangkan, dan membumi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, N. W., Susandi, A., & Muhammad, D. H. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di PAUD Kamboja Probolinggo. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 33-44.

https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.552

Aprilia, erly D., Trapsilasiwi, D., & Setiawan, B. T. (2019). Etnomatematika pada Permainan Tradisional Engklek Beserta Alatnya Sebagai Bahan Ajar. Kadikma, 10(1), 86–94. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Aulia, N. A. Z. (2020). Permainan Tradisional Pukang dari Provinsi Lampung dan Pembentukan Karakter Bersahabat pada Peserta Didik MI/SD di Indonesia. Ibtidai’y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 29-40.

https://doi.org/10.24239/ibtidaiy.Vol1.Iss2.9

Elisa, E., Prabandi, A. M., Istighfarini, E. T., Alivia, H., Handayani, L. W. I., & Nuraini, L. (2022). Analisis Konsep-Konsep Fisika Berbasis Kearifan Lokal Pada Jajanan Tradisional Dawet Dan Klepon. Jurnal ORBITA, 8(4), 194-199.

Febrianty, W., Saputra, R. D., Amri, H. A., Rahmat, R.N., Handayani, R. D., & Putra, P. D. A. (2023). Eksplorasi Konsep Fisika Kesetimbangan Benda Tegar Pada Permainan Tradisional Engklek Sebagai Bahan Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 109-120.

https://doi.org/10.37478/optika.v7i1.2761

Maryati, S., & Nurlaela, W. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49-61.

https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422

Maulani, N., Linuwih, S., & Sulhadi, S. (2021). Pengembangan Asesmen Hots (Higher Order Thinking Skills) Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Hukum Newton. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(1), 1-10.

https://doi.org/10.15294/upej.v10i1.46639

Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui permainan tradisional tarik upih dalam meningkatkan motorik kasar anak. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 70–76.

https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5505

Mulyana, Y., & Lengkana, A. S. (2019). Permainan tradisional. Salam Insan Mulia.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02), 343–358. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/3536/4069

Safitri, A. I., Admoko, S., Suprapto, N., Putri, R. T., & Alhusni, H. Z. (2023). An Exploration of Physics Concepts in Pletokan (Luthang) Traditional Game: What is the Potential of a Physics Learning Media in the Merdeka Belajar Curriculum? Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 12(2), 195-216.

Widodo, P., & Lumintuarso, R. (2017). Pengembangan model permainan tradisional untuk membangun karakter pada siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 183. https://doi.org/10.21831/jk.v5i2.7215

Yanti, Y. R., Sari, N. E., & Azzahra, M. (2022). Penerapan Metode Etnomatematika Pada Permainan Engklek Sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Datar Matematika Jenjang Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Naional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1), 611-618.

Muslihin, H. Y. (2020). Bagaimana mengajarkan gerak lokomotor pada anak usia dini? Jurnal PAUD Agapedia, 2(1), 76–88. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24390

Nurwahidah, N., Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana, C. (2021). Permainan tradisional sebagai sarana mengembangkan kemampuan fisik motorik anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422

Prasetya, B. (2014). 9 pengembangan budaya religius di sekolah. Jurnal Edukasi, 2(1).

Saputri, A. D. (2021). Implementasi permainan tradisional gobag sodor dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini di TK Pertiwi 2 Sidodadi Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 143–153. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.4579

Susandi, A., Ibnu, I., Salam, A., & Arifin, M. (2021). The role of foster parents in implementing character education: Case study of children of Indonesian workers in Puspan Village Maron District Probolinggo Regency. CONCIENCIA: Journal of Islamic Education, 21(1), 15–22.

Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386

Utsman, A. F., Ni’mah, R., & Rohana, R. (2018). Peran permainan tradisional dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 5–6 di RA Al Fattah Pacing Parengan Tuban. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 132–141. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i2.156

Wijayanti, R. (2018). Permainan tradisional sebagai media pengembangan kemampuan sosial anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496

Downloads

Published

16-09-2025

How to Cite

Ardiana, L. A. P., & Kholiq, A. (2025). Analisis Permainan Tradisional Kapal Otok-Otok Pada Pembelajaran Fisika Materi Termodinamika. Inovasi Pendidikan Fisika, 14(2), 116–122. https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p116-122

Issue

Section

Media Pembelajaran Fisika
Abstract views: 158 , PDF Downloads: 97

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>