PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERGERAK TERHADAP SELF REGULATED LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Pembelajaran Bergerak terhadap kemampuan Self-Regulated Learning dan meningkatkan hasil belajar siswa. "Medjar" merupakan pembelajaran bergerak (Mobile Learning) yang dikembangkan peneliti berupa aplikasi android. Media ini berisi fitur-fitur yang memudahkan peserta didik untuk belajar. Adapun fitur Medjar berisi Kompetensi Dasar, materi, video dan latihan soal tentang Perangkat Eksternal/Peripheral pada mata pelajaran Sistem Komputer. Media ini dibuat menggunakan aplikasi Android Studio 3.1.4 dan siswa dapat mengunduh di Google Play Store. Berdasarkan validasi dari ahli media, media pembelajaran ini mendapatkan hasil persentase sebesar 81% dan dinyatakan layak digunakan. Serta hasil validasi angket Self-Regulated Learning yang akan diberikan kepada siswa memperoleh persentase sebesar 97.5%. Penelitian ini dilakukan terhadap 72 siswa kelas-X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Bojonegoro, untuk memperoleh hasil belajar dari penelitian ini, siswa diberikan pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian terhadap siswa setelah diberikan perlakuan yaitu nilai siswa meningkat. Hasil rata-rata nilai post-test kelas yang menggunakan media pembelajaran bergerak lebih tinggi yaitu 80.8 dibandingkan rata-rata hasil belajar kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran bergerak yaitu 64.6. Hasil angket Self-Regulated Learning siswa terhadap kelas yang menggunakan media sebesar 79%, sedangkan kelas yang tidak menggunakan media mendapatkan hasil sebesar 74%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan Self-Regulated Learning siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran bergerak, dapat membantu meningkatkan hasil belajar dan kemampuan Self-Regulated Learning siswa.
Kata kunci: Pembelajaran bergerak, Self-Regulated Learning, Sistem komputer, Hasil Belajar.