STUDI LITERATUR : PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI

Main Article Content

Yuni Tri Asri Ningtiyas
Yeni Anistyasari

Abstract

Dalam ilmu pendidikan yang saat ini tidak dapat terlepas dari perkembangan teknologi yang melahirkan banyak terobosan baru dalam metode pembelajaran di perguruan tinggi guna meningkatkan prestasi belajar. Penggunaan video sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa ternyata berpengaruh terhadap hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil telaah dari beberapa jurnal yang dipilih video sebagai media pembelajaran tidak hanya dapat digunakan untuk siswa SD, SMP, maupun SMA saja, namun juga bisa digunakan untuk perguruan tinggi  pada literatur review ini telah merangkum beberapa dengan komprehensif, serta menilai dan meninjau literatur yang ada tentang efektifitas dan pengaruh penggunaan video sebagai media pembelajaran di perguruan tinggi. Tujuan dari literature review artikel jurnal yang dilakukan oleh peneliti adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa/i. Hasil telaah dari semua jurnal yang dijadikan rujukan juga menunjukkan bahwa penggunaan video sebagai media pembelajaran membantu mahasiswa lebih mudah dalam belajar, mengingat, dan mendapat pelajaran atau materi dengan cepat dan mudah dipahami. Berdasarkan beberapa penjelasan yang telah dikemukakan, beberapa media video yang bisa digunakan selain dari youtube, juga bisa berasal dari video presentasi, video animasi tentang praktis, dan video game.

Article Details

How to Cite
Ningtiyas, Y., & Anistyasari, Y. (2021). STUDI LITERATUR : PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 417-424. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37759
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>