MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Main Article Content
Abstract
Pesatnya perkembangan dibidang informatika (Information Technology) pada waktu ini merupakan faktor yang mempengaruhi transformasi sistem belajar mengajar di Indonesia saat ini. Pendidik berperan penting, agar mereka tahu pada waktunya bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Media pbelajar e-learning berbais web sangat cocok digunakan untuk mendorong dan mempermudah siswa dalam memahami materi di kelas terutama pembelajaran yang dianggap susah untuk dipahami. Selain itu, media pembelajaran online berbasis web ini juga dapat dijangkau melalui handphone atau komputer, sehingga memudahkan guru dalam memaparkan materi secara jelas. Tujuan dilaksanakannya penelitian tersebut yaitu untuk mengukur kevalidan media pembelajaran serta membuktikan adanya kenaikan hasil belajarnya siswa pada mata pembelajaran pemrograman berorientasi objek. Metode peneliitian dan pengembangan (R&D) dengan mempergunakan models pengembangan web ADDIE digunakan dalam penelitian ini.. Desain penelitian yang dipergunakan adalah onne grub pretest-posttest design. Hasil dari kelayakan media pembelajaaran oleh para ahli antara lain valiidasi mediaa sebesar 87,5%, hasil validasi mateeri sebesar 83,33%, hasil validasi soal sebesar 81,6%, hasil validasi RPP sebesar 85,25%, sedangkan untuk hasil validasi angket respon siswa sebesar 80,2%. Hasil akhir rata-rata pretest kelas XI RPL 1 sebesar 57,2 dan rata-rata posttest 89,08. Sedangkan kelas XI RPL 2 memiliki rata-rata pretest 55,52 dan rata-rata posttest 91,14. Selain itu didapat nilai N-Gain XI RPL 1 dan XI RPL 2 yaitu 0,74 dan 0,79 yang artinya keduanya tergolong memiliki peningkatan hasil belajar yang cukup tinggi. Sehingga mediia pembeleajaran e-learning dapat meniigkatkan hasil belajar pemrograman berorientasi objek pada kelas XI RPL SMK Semen Gresik.