PENGARUH PENGGUNAAN W3SCHOOLS SEBAGAI LEARNING RESOURCES TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN WEB DI SMK

Main Article Content

Alvieto Muhammad Haykal Fitra
Yeni Anistyasari

Abstract

Pada awal tahun 2020 WHO memberikan pengumuman ke seluruh dunia tentang status pandemi covid-19. Kemudian Indonesia memulai untuk melaksanakan pembatasan aktivitas, sehingga kegiatan pembelajaran di sekolah juga dilakukan menggunakan hybrid learning. Hybrid learning adalah kombinasi dari segala jenis pembelajaran seperti pembelajaran secara online, langsung serta secara tatap muka. Dalam pembelajaran menggunakan hybrid learning contohnya adalah gabungan pembelajaran berbasis website dengan pembelajaran tatap muka konvensional. Maka dari itu diperlukan adanya Learning Resources yang bisa mengakomodasi keduanya yakni dengan menggunakan W3SCHOOLS. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh W3SCHOOLS sebagai learning resources terhadap hasil belajar pemrograman web. Penelitian ini dilakukan di SMK TI Annajiyah Bahrul Ulum Jombang pada kelas siswa kelas XI RPL serta menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif serta menerapkan metode penelitian ekperimen dengan jenis pre-eksperimental serta dengan model one-shot-case-study. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik test, kemudian data yang telah diperoleh selanjutnya akan dilakukan analisis regresi linier sederhana disertai dengan uji asumsi normalitas. Hasil validasi instrumen RPP memperoleh presentase sebesar 88% danĀ  instrumen soal test memperoleh hasil 90,9%. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif dan siginfikan penggunaan W3SCHOOLS sebagai learning resources terhadap hasil belajar siswa. W3SCHOOLS CSSIntro berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 29,0%. W3SCHOOLS CSSLayout berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 58,8%. W3SCHOOLS CSSText berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 44,4%. Selain itu, W3SCHOOLS CSSTable berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 64,0%.

Article Details

How to Cite
Fitra, A., & Anistyasari, Y. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN W3SCHOOLS SEBAGAI LEARNING RESOURCES TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN WEB DI SMK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 28-35. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/48857
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>