STUDI LITERATUR PENGARUH MEDIA ROBOTIK TERHADAP BERPIKIR KOMPUTASI SISWA

Main Article Content

Nur Rahmawati Maulidiyah
Yeni Anistyasari

Abstract

Dengan adanya teknologi informasi yang semakin berkembang, berkembang pula kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki siswa pada abad 21 untuk menghadapi tantangan di era industri 4.0 ini. Salah satunya adalah kemampuan berpikir komputasi, yaitu kemampuan dalam menyelesaikan masalah dengan berpikir logika secara runtut selangkah demi selangkah untuk dapat menentukan sebuah keputusan. Begitu pula dengan media pembelajaran, media pembelajaran dengan berbasis teknologi juga semakin berkembang dan bervariasi, contohnya media robotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari media robotik  terhadap berpikir komputasi siswa. Dengan studi literatur menggunakan metode Systematic Literature Review. Hasil penilitian ini adalah kemampuan berpikir komputasi siswa dengan media pembelajaran robotik meningkat dengan menggunakan berbagai jenis Educational Robotics dengan ruang lingkup sekolah dilihat dari berbagai jenjang pendidikan dimulai dari pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah atas.

Article Details

How to Cite
Maulidiyah, N., & Anistyasari, Y. (2020). STUDI LITERATUR PENGARUH MEDIA ROBOTIK TERHADAP BERPIKIR KOMPUTASI SISWA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 133-140. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36596
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>