Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK

Main Article Content

Laras Sulistyorini
Yeni Anistyasari

Abstract

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-based Learning – PjBL) merupakan pendekatan inovatif dalam kegiatan pembelajaran dimana mengajarkan banyak kiat-kiat penting mengenai kesuksesan pada abad 21.  Mengingat adanya kondisi pandemi COVID-19 sehingga pembelajaran dilaksanakan secara daring, perlu diadakan sebuah analisis mengenai kelebihan dan kekurangan LMS (Learning Management System) berbasis web untuk menampung kebutuhan-kebutuhan pembelajaran PjBL dengan fitur-fitur yang dimiliki. Penelitian studi literatur ini menggunakan data sekunder yang telah didapatkan oleh penlitian-penelitian terdahulu terhadap LMS Moodle, Edmodo, dan Google Classroom. Berdasarkan fitur-fitur yang tersedia beserta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing LMS, Edmodo menjadi LMS yang paling sesuai untuk diimplementasikan terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web karena Edmodo memiliki fitur yang memungkinkan siswa untuk membentuk kelompok kecil di dalam kelas daring, yang tidak dimiliki oleh Moodle dan Google Classroom.

Article Details

How to Cite
Sulistyorini, L., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Analisis Kelebihan dan Kekurangan LMS Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran Pemrograman Web di SMK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 171-181. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36692
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>