PENGEMBANGAN GAME “SCRIPT LABYRINTH” UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA DALAM PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK DI SMKN 2 SURABAYA

Main Article Content

Jihan Silvana
Yeni Anistyasari

Abstract

Game “Script Labyrinth” merupakan game interaktif yang berisi materi pembelajaran serta pemain diharuskan mencari jalan keluar dengan mencari bunga sebagai poin dan menghindari duri sebagai jebakan hingga menjawab pertanyaan yang tersedia. Tujuan dari pengembangan game “Script Labyrinth” adalah untuk meningkatkan kemampuan computational thinking siswa pada pelajaran Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak yang dibuktikan dengan kompetensi siswa. Metode yang digunakan penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang mana dari hasil uji kelayakan oleh para ahli game “Script Labyrinth” mendapat perolehan persentase sebesar 84,4% yang dikategorikan sangat layak digunakan dalam pemanfaatan proses pembelajaran.  Berdasarkan hasil penelitian kepada siswa bahwa analisis computational thinking mendapat respon positif yang mana dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai kompetensi pretest dan posttest setelah memanfaatkan proses pembelajaran dengan game “Script Labyrinth”.

Article Details

How to Cite
Silvana, J., & Anistyasari, Y. (2021). PENGEMBANGAN GAME “SCRIPT LABYRINTH” UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA DALAM PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK DI SMKN 2 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 667-676. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/41554
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>