TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS TENTANG PENGGUNAAN FLASHCARD PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY

Authors

  • Satria Bagus Wicaksana Universitas Negeri Surabaya
  • yeni Anistyasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i2.36597

Abstract

Pada era Revolusi Industri 4.0, perkembangan teknologi yang pesat  mempengaruhi gaya belajar-mengajar. Gaya belajar-mengajar cenderung berubah menjadi lebih menarik, realistis, autentik dan menyenangkan. Penggunaan teknologi pada proses pembelajaran meningkatkan keterlibatan siswa dan meningkatkan level pemahaman. Akan tetapi, masih ada beberapa sekolah pada berbagai jenjang pendidikan pra-sekolah, sekolah dasar, dan sekolah menengah yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar. Beberapa sekolah tersebut cenderung masih menggunakan media tradisional dalam kegiatan pembelajaran. Perkembangan teknologi yang bisa diimplementasikan dalam dunia pendidikan ada bermacam-macam, seperti E-Learning, Multimedia, Perangkat Seluler, Game, Virtual Reality dan Augmented Reality. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan pada kegiatan pembelajaran yaitu augmented reality dengan memanfaatkan flashcard tradisional sebagai marker. Oleh karena itu, kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan flashcard pada media pembelajaran berbasis augmented reality pada tingkat pendidikan pra-sekolah, sekolah dasar dan sekolah menengah. Model penelitian yang digunakan pada artikel ini yaitu menggunakan metode studi literatur. Hasil kajian pustaka ini menunjukkan bahwa flashcard berbasis augmented reality memiliki dampak positif terhadap siswa. Dalam kegiatan belajar-mengajar, siswa merasa penggunaan media FCAR dapat menjadikan suasana belajar-mengajar lebih menyenangkan dan interaktif. Penggunaan media ini juga membantu dalam memahami hal-hal yang dianggap abstrak. Selanjutnya, dengan diaplikasikannya media ini, motivasi dan prestasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata 21-22%. Hal ini semakin menunjukkan jika penggunaan FCAR merupakan media pembelajaran yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-06-2020

How to Cite

Wicaksana, S. B., & Anistyasari, yeni. (2020). TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS TENTANG PENGGUNAAN FLASHCARD PADA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 121–130. https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i2.36597

Issue

Section

volume 05 Nomor 01
Abstract views: 2220 , PDF Downloads: 1978

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>