Main Article Content

MOCHAMMAD KHOIRUL ANWAR
YENI ANISTYASARI

Abstract

Media Pembelajaran KOMANDO (Komik Sains Berbasis Android) adalah media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti berbentuk komik. Berbeda dengan komik pada umumnya, isi cerita pada KOMANDO berisikan materi pembelajaran khususnya Fungsi dan Unsur Warna pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dari siswa setelah menggunakan media KOMANDO. Media KOMANDO berbentuk aplikasi android yang tentunya dapat diunduh pada Google Playstore

Hasil uji kevalidan media KOMANDO oleh para validator yaitu ahli media dan ahli materi menyataan bahwa media KOMANDO dikategorikan sangat layak dengan persentase nilai 89,75% untuk validasi media dan 86% untuk validasi materi pembelajaran yang terdapat pada media KOMANDO. Berdasarkan penelitian juga diketahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media KOMANDO, melalui pretest dan posttest yang diberikan kepada 33 siswa kelas X TKJ 2 di SMKN 1 Mojokerto menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sesudah menggunakan media KOMANDO (postest) mendapatkan hasil yang lebih baik yaitu dengan nilai rata-rata 81.3% dibandingkan dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media KOMANDO (pretest) yaitu sebesar 53,9%. Respon siswa terhadap media KOMANDO juga dapat dikategorikan sangat positif yaitu dengan persentase nilai sebesar 86,9%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis setelah menggunakan media KOMANDO

Kata Kunci : Media KOMANDO, Komik, Android, Dasar Desain Grafis, Hasil Belajar, Respon Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
KHOIRUL ANWAR, M., & ANISTYASARI, Y. (2019). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(3). https://doi.org/10.26740/it-edu.v3i3.26898
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>