PENGEMBANGAN GAME PUZZLE EQUILIBRIUM UNTUK MENDETEKSI GAYA BELAJAR PERSEPSI SISWA

Main Article Content

RICKY OKTAVIANA
YENI ANISTYASARI

Abstract

Abstrak

Siswa dapat belajar dengan berbagai macam cara. Mereka memperoleh dan memproses informasi berdasarkan gaya belajar mereka masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan presisi game puzzle equilibrium dalam menentukan gaya belajar persepsi siswa. Metode yang digunakan untuk klasifikasi gaya belajar persepsi siswa pada game ini menggunakan model Naïve Bayes Classifier. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) hingga tahap uji coba produk. Produk diujicobakan kepada 23 siswa program studi Sistem Informasi Jaringan Aplikasi di SMK Negeri 2 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan game puzzle equilibrium memiliki persentase kelayakan 92% dan memiliki presisi sebesar 69,6% dalam mendeteksi gaya belajar persepsi siswa dengan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier.

Kata Kunci : Game Puzzle Equilibrium, Naïve Bayes Classifier, Presisi.

Abstract

Students can learn in various ways. They obtain and process information based on their own learning styles. This study aims to determine how the development, feasibility and precision of equilibrium puzzle games in determining students perception styles. The method used to classify students perception styles in this game uses the Naïve Bayes Classifier model. This research uses the R&D (Research and Development) method until the product testing. The product was tested on 23 students of the Application Network Information System study program at SMK Negeri 2 Surabaya. The results showed that the development of puzzle equilibrium games had a percentage of feasibility of 92% and a precision of 69.6% in detecting students perception styles using the Naïve Bayes Classifier method.

Keywords: Equilibrium Puzzle Game, Naïve Bayes Classifier, Precision.

Article Details

How to Cite
OKTAVIANA, R., & ANISTYASARI, Y. (2019). PENGEMBANGAN GAME PUZZLE EQUILIBRIUM UNTUK MENDETEKSI GAYA BELAJAR PERSEPSI SISWA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(02). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/26998
Section
Articles