STUDI LITERATUR PEMANFAATAN WEBSITE BALAI LATIHAN KERJA SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEGIATAN PELATIHAN

Main Article Content

Chairus Sakinah
Yeni Anistyasari

Abstract

Balai Latihan Kerja merupakan lembaga pelatihan yang bertujuan untuk melakukan percepatan dalam mencetak tenaga kerja yang kompeten. Dunia kerja telah berevolusi sejak terlahirnya revolusi industri yang melahirkan industri 4.0 yang bisa disebut dengan era digital. Kementerian ketenagakerjaan terus melakukan pembenahan terhadap Balai Latihan Kerja (BLK) dengan melakukan reorientasi, revitalisasi, dan rebranding. Penyebaran informasi kepada masyarakat secara luas tentang pelatihan kerja yaitu dengan cara memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada, salah satunya melalui media informasi berbasis website. Kualitas informasi yang nantinya akan disebarkan pun harus akurat, aktual serta bermanfaat bagi penggunanya. Metode yang digunakan dalam studi literatur ini yaitu metode Systematic Literature Review (SLR). Penggunaan metode SLR untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, dan menafsirkan semua penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik, dengan pertanyaan penelitian tertentu yang relevan. Berbagai sumber tertulis yang peneiliti gunakan mulai dari artikel, jurnal dan dokumen yang relevan terhadap kajian penelitian. Studi literatur ini membahas tentang bagaimana dampak dari penggunaan website pada Balai Latihan Kerja, juga memfokuskan pada konten dan fitur website yang akan digunakan untuk website balai tersebut. Hasil studi menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dengan website mempunyai peranan sangat penting dalam menyebarkan informasi secara luas dan membantu dalam proses monitoring kegiatan pelatihan sehingga dapat meningkatkan kinerja Balai Latihan Kerja.

Article Details

How to Cite
Sakinah, C., & Anistyasari, Y. (2021). STUDI LITERATUR PEMANFAATAN WEBSITE BALAI LATIHAN KERJA SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEGIATAN PELATIHAN. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 425-432. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37850
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>