ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA)

Main Article Content

Ardy Dwi Krisnanto
Yeni Anistyasari

Abstract

Pembelajaran berbasis daring merupakan pembelajaran yang harus dilakukan pada masa pandemi covid19 ini agar tidak terjadi interaksi fisik pada saat pembelajaran berlangsung. Semua sector pendidikan wajib menggunakan metode pembelajaran daring ini tanpa terkecuali pembelajaran pada jurusan teknik informatika, Universitas Negeri Surabaya. Dengan adanya pembelajaran daring, semua materi yang diajarkan akan disampaikan secara online dengan beberapa media atau LMS seperti Google Classroom, Virtual Learning UNESA, dan lainnya.Dengan adanya perubahan pembelajaran dari pembelajaran luring menjadi daring menyebabkan munculnya pertanyaan seberapa efektifnya pembelajaran daring tersebut dan seberapa besar tingkat penerimaan mahasiswa terhadap pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penerimaan mahasiswa teknik informatika, Universitas Negeri Surabaya terhadap pembelajaran daring.Penelitian ini memperoleh 108 responden dari 4 prodi di teknik informatika yang dibagi ke-2 kelompok yakni pengguna LMS Google Classroom dan LMS ViLearn UNESA Dengan menggunakan angket yang berisi 4 variabel yang mengacu pada teori Technology Acceptance Model dengan 17 pertanyaan menggunakan skala likert.Metode yang digunakan yakni regresi linier berganda dan statistik deskriptif untuk mengukur seberapa besar pengaruh variable yakni Self Efficacy, Perceiving Usefulness, dan Perceiving ease of use terhadap variable Behavior Intention to Use. Ketiga Variabel tersebut berpengaruh sebesar 36.3% terhadap variabel Behavior Intention to Use pada  penggunaan LMS Google Classroom, dan 63.4% pada penggunaan LMS ViLearn UNESA. LMS Google Classroom pun menjadi LMS yang lebih disukai berdasarkan variabel Behavior Intention to Use dengan nilai statistik deskriptif sebesar 3.2177 dibanding dengan ViLearn yang memiliki nilai 2.0217.

Article Details

How to Cite
Krisnanto, A., & Anistyasari, Y. (2021). ANALISIS TINGKAT PENERIMAAN MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 398-405. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37757
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>