STUDI LITERATUR PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP E-LEARNING ADAPTIVE BERBASIS WEB
Main Article Content
Abstract
Gaya belajar yang sesuai adalah kunci keberhasilan bagi seorang siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, siswa perlu dibantu dan diarahkan untuk mengenali gaya belajar yang sesuai dengan gaya belajar mereka agar tujuan proses pembelajaran dapat dicapai secara efektif. Agar dapat merealisasikan materi pembelajaran dengan gaya belajar siswa adalah menggunakan E-learning Adaptive. Mengingat adanya kondisi pandemi COVID-19 sehingga pembelajaran dilaksanakan secara daring, sehingga penelitian studi literatur ini menggunakan data sekunder yang beracuan pada penelitian-penelitian terdahulu yang menggunakan E-learning Adaptive berbasis web Moodle dengan menggunakan model gaya belajar Felder-Silverman (FSLSM) , dan algoritma Fuzzy C-Meanz. Pada E-learning Adaptive Moodle ini menyediakan materi yang beragam sesuai dengan 8 macam gaya belajar Felder-Silverman (FSLSM). Ketika siswa login pada E-learning Adaptive Moodle ini, semua aktivitas siswa, seperti jenis file yang mereka akses, waktu yang dihabiskan, jumlah total berapa kali siswa membuka setiap file yang diakses akan direkam, dan disimpan ke dalam database. Kemudian, diklasifikasikan menggunakan algoritma Fuzzy C-Meanz agar dapat mengklasifikasikan atau mengelompokkan menjadi 8 macam gaya belajar menurut Felder-Silverman (FSLSM). Setelah gaya belajar peserta didik diklasifikasikan menjadi gaya belajar yang dominan & minoritas, sehingga materi yang tersedia pada E-learning Adaptive Moodle ini akan berubah sesuai dengan gaya belajar peserta didik yang dominan dan materi gaya belajar siswa yang minoritas akan menghilang, jadi siswa hanya bisa mengakses materi yang sesuai dengan gaya belajar mereka masing-masing sesuai gaya belajar yang dominan atau yang ia sukai. Sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan mudah, karena sesuai dengan gaya belajar mereka.