Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Website Menggunakan Model PjBL Untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Jaringan Komputer Siswa Kelas X TKJ (Studi Kasus: Di SMK Negeri 1 Sidayu)
DOI:
https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i3.64876Abstract
Dampak kemajuan teknologi membawa manfaat yang sangat besar salah satunya pada sektor pendidikan. Penerapan teknologi dalam dunia pembelajaran harus digunakan untuk membuat media pembelajaran yang optimal. Dengan perkembangan tersebut, penulis melakukan penelitian yang memiliki tujuan untuk merancang bangun suatu produk berupa media pembelajaran dan untuk mengetahui pengaruh dalam peningkatan kompetensi dasar jaringan komputer siswa berupa kemampuan kognitif dan psikomotorik setelah menggunakan media pembelajaran menggunakan model pembelajaran PjBL. Teknik metodologi R&D (Research & Development) dengan model ADDIE yang ditterapkan pada penelitian ini. Dalam eksperimen ini, model One Group Pretest-Posttest Design digunakan sebagai desain penelitian. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan survei yang telah divalidasi oleh validator. Subjek penelitian melibatkan 36 siswa kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Sidayu, Kabupaten Gresik. Hasil Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan yang sangat tinggi, dengan skor validasi media sebesar 96,36%, validasi RPP sebesar 88,46%, validasi materi sebesar 97,05%, validasi soal kognitif sebesar 98,18% dan validasi soal psikomotorik sebesar 97%. Selain itu, analisis uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) = 0,001 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media ini mampu meningkatkan kemampuan dasar teknik jaringan komputer pada siswa secara signifikan. Siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kognitif dan psikomotorik mereka. Media yang dikembangkan “sangat layak” digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kategori "sangat valid" berdasarkan hasil validasi ahli.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

