PENGEMBANGAN MODUL PEMROGAMAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI

Main Article Content

AFITRA ILHAM RODHAN SYAH
YENI ANISTYASARI

Abstract

Bersumber dari hasil wawancara yang sudah dilakukan di SMK Negeri 1 Surabaya diketahui bahwa proses belajar mengajar pada mata pelajaran pemrogaman dasar masih meakai media Powerpoint. Media pembelajaran berbasis modul Scratch merupakan modul yang menjelaskan tentang bahasa pemrogaman Scratch. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sesudah dan sebelum menggunakan modul dan untuk mengetahui kemampuan berpikir komputasi siswa saat menggunakan modul. Desain penelitian one group pretest postest design adalah desain yang digunakan pada penelitian ini dan menggunakan model pengembangan Analyze,.Design, Development,.implementatiion,.&.Evaluation (ADDIE). Hasil penilaian dari Dr. Scratch mendapatkan nilai rerata kemampuan berpikir komputasi siswa sesudah menggunakan modul Scratch adalah 9,74 untuk soal nomor 1, 10,61 rata-rata untuk soal nomor 2, 9,77 rata-rata untuk soal nomor 3, 14,00 rata-rata untuk soal nomor 4. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir komputasi siswa adalah baik.


Kata Kunci: Modul Scratch, Kemampuan Berpikir Komputasi, Hasil Belajar, Dr. Scratch, Pemrogaman Dasar

Article Details

How to Cite
ILHAM RODHAN SYAH, A., & ANISTYASARI, Y. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PEMROGAMAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/33205
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>