STUDI LITERATUR ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM DAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN ABAD-21 DI SMK KOMPUTER DAN JARINGAN
Main Article Content
Abstract
Diharapkan pada pendidikan abad ke-21 ini dapat menciptakan generasi baru yang memiliki keterampilan berpikir kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif, dengan cara system pendidikan Indonesia harus mengikuti perkembangan system pendidikan yang ada. Upaya yang dapat diterapkan dalam proses perkembangan pendidikan ini yaitu merubah proses belajar mengajar yang menggunakan cara lama menjadi cara baru salah satunya adalah model pembelajaran E-Learning. Adanya E-Learning, dapat merubah proses pembelajaran yang lebih berkembang, kreatif dan inovatif sehingga lebih mudah di pahami oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan data berupa 10 jurnal penelitian yang relevan untuk dianalisis melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Hasil yang didapatkan yaitu, modelĀ pembelajaran problem dan project based learning pada pembelajaran abad-21 di SMK Komputer dan Jaringan Sistem Informasi Praktek Kerja Industri dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar.