Rancang Bangun Media Pembelajaran Algoritma Dan Pemrograman Berbasis Website Dengan Model Pembelajaran Pjbl Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan
Main Article Content
Abstract
Informatika merupakan sebuah contoh mata pelajaran berada di Kurikulum Merdeka, dimana salah satu materinya adalah tentang algoritma dan pemrograman. Pada observasi yang dilakukan, bentuk dan sarana yang digunakan untuk kegiatan studi berdampak pada rendahnya nilai keterampilan siswa. Oleh karena itu media pembelajaran algoritma dan pemrograman berbasis website dengan model pembelajaran pjbl merupakan Solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Perancangan website ini menggunakan model DBR (Design-Based Research). Dalam tahapan pengembangan website ini, validasi intrumen penelitian dinilai berdasarkan kesimpulan para ahli di bidangnya, ahli perangkat pembelajaran, dan ahli materi. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan kompetensi siswa adalah dengan dilakukan uji paired t-test dari nilai pre-test dan nilai post-test. Tingkat validitas sarana studi algoritma dan pemrograman berbasis website dengan model pembelajaran pjbl dikategorikan sangat tinggi dengan nilai 78,85%, RPP dengan nilai 98,91%, materi dengan nilai 78,57% dan soal dengan nilai 80%. Hasil uji paired t-test menunjukkan bahwa media pembelajaran algoritma dan pemrograman berbasis website dengan model pembelajaran pjbl dapat meningkatkan keterampilan siswa dengan hasil dari T hitung sebesar 16,015 > T tabel sebesar 2,0304 (sig. 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa rancang bangun media pembelajaran algoritma dan pemrograman berbasis website dengan model pembelajaran pjbl dapat meningkatkan kompetensi siswa.