Rancang Bangun Siweb Berbasis Website Dengan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Pemrograman Web Di SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo
Main Article Content
Abstract
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan mata pelajaran wajib dengan memiliki banyak elemen yang harus di pelajari salah satunya elemen pemrograman web. Menurut temuan terdapat keterbatasan fasilitas untuk mendukung proses belajar mengajar yang salah satunya yaitu komputer, sehingga banyak siswa tidak dapat mengikuti praktikum pemrograman. Proses belajar mengajar guru hanya menggunakan ceramah dan tidak pernah menggunakan media yang inventif, dengan sumber pembelajaran yang digunakan hanya dalam bentuk buku paket, membuat siswa cenderung malas dan bosan dengan proses pembelajaran yang berlangsung. Oleh karena itu, rancang bangun siweb berbasis website merupakan solusi yang efektif. Pengembangan yang dilakukan menggunakan ADDIE terdiri dari lima tahapan yaitu : Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Dalam tahapan tersebut telah melalui validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Selain itu dilakukan uji T untuk mengetahui hasil kompetensi belajar siswa. Hasil validasi media mencapai 73% dan validasi materi mencapai 90% dengan kategori yang tepat untuk diuji kepada siswa. Hasil uji T menunjukkan bahwa pretes dan postes kognitif dapat meningkatkan hasil kompetensi belajar siswa dengan hasil 7.396 > 2.0301 sehingga berdasarkan ketentuan dapat disimpulkan bahwa sig. 0.00 lebih kecil dari 0.05, maka ada perbedaan. Sedangkan pretes dan postes psikomotorik dapat meningkatkan hasil kompetensi belajar siswa dengan hasil 7.249 > 2.0301 Sehingga berdasarkan dapat disimpulkan bahwa sig. 0.00 lebih kecil 0.05, maka ada perubahan. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa Rancang Bangun Siweb Berbasis Website dengan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan komptensi belajar pemrograman web dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa