Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Menggunakan Framework Codeigniter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar
Main Article Content
Abstract
Perkembangan pada pembelajaran menawarkan berbagai bentuk kemudahan baru, terutama bervariasinya media pembelajaran yang digunakan pendidik dalam penyampaian materi pembelajaran. Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Media pembelajaran dapat dijadikan sebagai alternatif praktikum yang dapat diakses secara fleksibel, memungkinkan aksesibilitas tanpa dibatasi tempat dan waktu. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kesetaraan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang sering ditemukan dalam pembelajaran adalah kurangnya fasilitas yang mendukung proses belajar siswa. Terutama untuk siswa SMK, penting kesediaan fasilitas praktikum sebagai bahan menimba pengalaman untuk kesiapannya menghadapi dunia kerja. Penelitian ini berupaya melakukan pendekatan yang inovatif berupa pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran dengan fokus utama dibidang praktikum untuk mengatasi keterbatasan fasilitas sekolah dalam pelaksanaanya. Model pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Model ADDIE memiliki struktur yang jelas untuk pengembangan sebuah aplikasi dengan melibatkan tahap (analisis, desain, development dan evaluasi) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil deskripsi analisis tentang penerapan media pembelajaran sebagai bahan ajar khususnya pada praktikum mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan deskripsi kuatitatif. Data dikumpulkan dengan penyebaran soal pretes dan postes, hasil penelitian menunjukan persentase validasi media sebesar 92%, hasil validasi instrument berupa RPP 95% dan materi 73%. Lalu hasil uji paired sample t-test nilai sig. 2 tailed mendapatkan nilai 0,016 yang berarti kurang dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK pada mata pelajaran KJD.