Pengembangan Media Ajar Berbasis Website Dan Monitoring Progres Dengan Model Project Based Learning Menggunakan Metode Plomp Untuk Materi Konfigurasi Hosting Server Pada Docker Container Di SMKN 2 Surabaya
Main Article Content
Abstract
Penelitian ditujukan untuk mengembangkan media ajar berbasis website dengan model Project Based Learning (PjBL) dengan menyertakan sistem monitoring progres siswa dalam pengerjaan project dalam kompetensinya. Metode PjBL diterapkan guna meningkatkan keterampilan praktik dalam dan pemehaman dalam project siswa. Media pembelajaran berbasis website dirancang agar dapat memeberikan pengalaman belajar dalam project secara terstruktur dan mendalam, sementara sistem monitoring progres siswa dirancang untuk memantau kondisi dan mengevaluasi kemajuan pemahaman dalam tahapan project yang dikerjakan. Responden utama dalam penelitian dengan studi lapangan ini melibatkan siswa. Penelitian ini memakai nilai pretest-posttest pada siswa untuk soal kognitif dan psikomotor. Nilai dari pretest dan posttest akan diolah dengan berbagai uji, yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk, Uji Hipotesis Wilcoxon, dan uji N-Gain. Hasil dari uji data tersebut menunjukkan penggunaan media ajar berbasis website dengan model Project Based Learning (PjBL) dengan menyertakan sistem monitoring progres siswa dapat meningkatkan kompetensi konfigurasi hosting server dengan docker pada siswa kelas XII SIJA di SMKN 2 Surabaya. Hasil Penelitian pengembangan media ajar ini meningkatkan pemahaman siswa yang diuji dengan uji Wilcoxon pada data nilai pretes dan posttes. Penerapan model Project Based Learning (PjBL) melalui media pembelajaran berbasis website terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hasil analisis statistik menunjukkan nilai sig. (2-tailed) < 0,01, serta nilai N-Gain sebesar 0,71 yang mengindikasikan peningkatan pemahaman yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa model PjBL, yang dipadukan dengan media pembelajaran berbasis website, dapat menjadi alternatif yang baik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.