Rancang Bangun Website Pembelajaran dengan Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Konfigurasi Jaringan Komputer

Authors

  • Titus Erwin Milianto Milianto Universitas Negeri Surabaya
  • Yeni Anistyasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70856

Abstract

Berdasarkan hasil observasi oleh peneliti. Diketahui bahwa dalam pembelajaran di kelas. Guru masih menggunakan metode ceramah atau konvensional sehingga membuat siswa menjadi pasif. Siswa merasa bosan karena materi yang diberikan hanya berupa power point saja. Tidak ada motivasi belajar dari siswa. Untuk itulah perlu adanya perubahan media pembelajaran dan model pembelajaran di kelas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil kelayakan dari website yang telah dibuat dan mengetahui adanya peningkatan hasil kompetensi konfigurasi jaringan komputer setelah menggunakan website. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan research and development. Sedangkan model pengembagannya menggunakan ADDIE. Hasil uji coba Black Box dengan 4 responden menghasilkan jawaban berhasil dengan output yang diharapkan. Hasil validasi mendapatkan kategori sangat layak untuk digunakan. Hasil kompetensi kognitif dan Psikomotorik menghasilkan rata-rata nilai postest lebih tinggi dari nilai pretest. Kemudian untuk hasil uji hipotesis pada nilai sig. (2-tailed) sebesar <0.001. sehingga dapat disimpulkan bahwa website yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

13-10-2025

How to Cite

Milianto, T. E. M., & Anistyasari, Y. (2025). Rancang Bangun Website Pembelajaran dengan Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Konfigurasi Jaringan Komputer. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 10(3), 50–61. https://doi.org/10.26740/it-edu.v10i3.70856
Abstract views: 37 , PDF Downloads: 11

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>